Mengenal Program Guru Belajar Seri PPPK dan Cara Daftarnya

Program Guru Belajar Seri PPPK atau P3K merupakan program terbaru oleh pemerintah melalui Mendikbud. Program ini untuk memberikan fasilitas kepada honorer untuk belajar mempersiapkan diri jelas tes PPPK.

Seperti yang diketahui, Pemerintah berencana melakukan rekruitmen Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja pada tahun 2021 ini. Salah satu target dari rekruitmen tersebut adalah tuntasnya tenaga honorer di Indonesia.

Mengenal Program Guru Belajar Seri PPPK dan Cara Daftarnya

Tidak sekedar akan melakukan tes seleksi, pemerintah juga berencana akan mengadakan bimbingan sebelum pelaksanaan tes P3K. Sehingga nantinya guru honorer benar-benar disiapkan untuk mengikuti tes seleksi PPPK. 

Program belajar persiapan seleksi P3K yang disiapkan pemerintah adalah Program Guru Belajar Seri Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja. Program ini sekaligus memberikan kesempatan kepada guru honorer yang akan ikut tes seleksi P3K untuk mengembangkan dirinya.

Tujuan dari Program Guru Belajar Seri PPPK agar guru mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dibekali selama program ini dalam mengikuti tes seleksi PPPK.

Selain itu program ini juga bertujuan agar guru bisa memanfaatkan dan memaksimalkan belajar mandiri serta mampu menggunakan komunitas belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Dengan begitu maka sangat besar pengaruh yang diharapkan oleh pemerintah agar para peserta seleksi tes P3K memiliki pengetahuan dan keterampilan serta nantinya lulus sebagai tenaga pemerintah. Adapun untuk cara daftar program guru belajar seri PPPK ini bisa disimak di bawah ini.

Cara Ikut Program Guru Belajar Seri PPPK Honorer

1. Peserta bukanlah guru PNS

2. Memiliki akun SIM PKB

3. Buka laman Program Guru Belajar Seri PPPK di https://portal-belajar.simpkb.id/seri-pppk/ atau https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

cara daftar akun belajar seri p3k

4. Klik “Mulai Belajar” pada tulisan yang terdapat pada timeline atau bisa juga klik masuk di pojok kanan atas

5. Masuk/login dengan mengisi email SIM PKB beserta paswordnya

cara login akun sim pkb

6. Mengikuti masa orientasi tentang pelaksanaan (tahap 1)

7. Mengikuti belajar mandiri dan Latihan (tahap 2)

8. Melaksanakan Try Out sebagai tahap akhir (Tahap 3)

Itulah cara ikut belajar persiapan seleksi PPPK 2021 pada program Guru Belajar Seri P23K. Penting untuk diperhatikan, bahwa program ini hanyalah untuk GTK Non PNS yang memiliki akun SIM PKB. Karena login untuk masuk program ini juga menggunakan akun email SIM PKB. 

Baca Juga: Kumpulan Permasalahan Seputar SIM PKB

Pelaksanaan program ini sendiri terdiri dari 3 tahapan. Tahapan pertama adalah Orientasi. Pada tahapan ini guru akan dijelaskan mengenai manfaat, tujuan dari belajar mandiri. Selain itu juga akan dijelaskan petunjuk teknis dan penggunaan bahan belajar yang akan disajikan pada program ini.

Untuk tahapan kedua, peserta melaksanakan belajar mandiri sesuai dengan petunjuk yang sudah diperoleh pada saat orientasi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Latihan sebagai bekal berharga sebelum melaksanakan tes seleksi P3k.

Adapun untuk kegiatan belajar mandiri diselenggarakan dengan user friendly artinya mudah, ringan, dan ringkas. Selain juga terdapat pendekatan pedagodik yang dilakukan secara daring atau online.

Tahapan ketiga merupakan tahapan terakhir yaitu try out. Pada tahapan ini peserta dapat mengetahui pemahaman materi yang sudah dipelajari. Sehingga bisa mengukur dan meningkatkan jika terdapat kekurangan yang diperoleh. 

Besar upaya pemerintah agar guru bisa memiliki kompetensi baik secara kemampuan dan keterampilan sebelum seleksi P3K ataupun sebelum resmi menjadi PPPK. Jangan sampai terlewatkan program ini. 

Salah satu tips dan cara lolos tes seleksi P3K adalah belajar dengan meningkatkan kompetensi diri. Diantaranya dengan mengikuti program ini. Tertarik? Jangan menunggu lama, segera lakukan registrasi sebelum terlambat. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengenal Program Guru Belajar Seri PPPK dan Cara Daftarnya"

  1. Kapan hari H jadwalprogram guru belajar seri PPPK dimulai

    BalasHapus
  2. Insya Allah dalam waktu dekat, silahkan coba login daftar dalam waktu dekat

    BalasHapus