Cara Cek Validasi Data GTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Cara cek validasi data Guru dan Tenaga kependidikan atau GTK semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 bisa dicek di halaman ini. Cek validasi guru atau yang dikenal dengan cek Info GTK merupakan hal yang harus dilakukan oleh masing-masing guru. 

Dirilisnya dapodik versi semester genap yaitu 2021c pada tanggal 11 Januari 2021 merupakan awal dari update data dapodik yang dilakukan oleh OPS atau Operator sekolah. 

Cara Cek Validasi Data GTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Kendati begitu, bukan semata-mata tugas guru dalam hal validasi data tidak ada. Guru maupun tenaga kependidikan tetap wajib melakukan mengecekan. Setiap guru memiliki akses untuk melakukan pengecekan data guru.

Beberapa poin penting yang harus diperhatikan guru yang sudah mendapakan sertifikasi guru dalam melakukan cek info GTK semester 2 diantaranya:

1. cek gaji pokok

2. SK Berkala

3. SK Pangkat

4. Masa Kerja

5. Jam mengajar

6. Data Penting (identitas) lainnya

Bagi guru yang sudah mendapatkan sertifikasi guru, mengecek poin-poin di atas adalah yang utama. Karena jika terjadi kesalahan input, maka guru tersebut bisa mengalami terlambat cair sergur bahkan bisa jadi tidak cair, dan yang paling rawan adalah pendapatan tidak sama.

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah masa kerja dan gaji berkala. Sehingga tidak sedikit yang mendapatkan sertifikasi guru tidak sesuai dengan jumlah yang harus diperoleh. 

Oleh karena itu sangat penting untu mengcek sebelum cut off atau keluar SKTP. Sehingga nantinya jika terjadi kesalahan bisa segera komunikasikan dengan operator sekolah.

Bagi guru non PNS atau honorer juga wajib melakukan pengecekan. Akan diselenggarakannya seleksi P3K menjadikan guru non PNS juga harus aktif melakukan pengecekan. Beberapa pengecekan yang paling penting dilakukan bagi guru Non PNS adalah:

1. Hasil Verval Ijazah

2. Identitas pribadi (nama, NUPTK, Tanggal lahir, masa kerja)

3. BSU (mungkin ada yang belum mengecek)

Itulah beberapa hal penting yag harus dilakukan dalam melakukan cek validasi guru atau cek info GTK. Adapun beberapa cara melakukan cek info GTK. 

Cara Cek Info GTK Semester 2 Tapel 2020/2021

Cara Cek Info GTK melalui Web Info GTK

1. Bukalah halaman resmi info GTK atau langsung kunjungi https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

2. Klik Login Langsung Info GTK

3. Masukkan User dan password PTK

4. Setelah itu klik tombol login

5. Lakukan pengecekan terutama beberapa hal penting di atas

Cara Cek Info GTK melalui Ptk Datadik

1. Bukalah halaman data PTK pribadi atau kunjungi http://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

2. Klik Login menggunakan SSO

3. Masukkan User dan password PTK (email dan password Dapodik PTK)

4. Setelah itu klik tombol login/Masuk

5. Pilih Biodata

6. Scroll ke bawah kemudian pilihlah Info GTK

7. Lakukan Pengecekan Data Info GTK

Itulah 2 cara dalam melakukan cek Info GTK Semester 2 tahun 2020/2021. APabila data sudah benar, maka jangan lupa ucapkan terima kasih kepada OPS yang sudah menginput data dengan baik.

Namun jika harus ada yang harus dilengkapi atau diperbaiki, maka komunikasikan dengan baik  dengan operator sekolah. Bagaimanapun juga OPS sekolah memiliki tugas yang sangat berat dalam mengawal data bapak/ibu semua. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Validasi Data GTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar