Contoh Jadwal Pelajaran PTM SD K13 Masa Pandemi Covid Semester 2

Contoh jadwal pembelajaran tatap muka atau PTM untuk Sekolah Dasar Kurikulum 2013 masa Pandemi Covid bisa disimak di halaman ini. Contoh Jadwal ini bisa dijadikan perbandingan dalam menyelenggarakan PTM di sekolah Bapak/Ibu.

Seperti yang diketahui, pandemi Covid berdampak serius pada Pendidikan di Indonesia. Sejak tahun lalu Pendidikan menjadi tidak berjalan maksimal. Pembelajaran berubah menjadi PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh. Siswa hanya belajar dari rumah saja.

Contoh Jadwal Pelajaran PTM SD K13 Masa Pandemi Covid Semester 2

Namun pemerintah segera membuat keputusan untuk memperbolehkan pembelajaran Tatap Muka atau pembelajaran luring. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh SKB 4 menteri.

Untuk mempersiapkan Pembelajaran tatap muka, salah satu yang sangat penting adalah jadwal pelajaran. Jadwal pelajaran masa pandemi ini akan membantu sekolah atau guru dalam menyiapkan bahan pelajaran. Sehingga proses pembelajaran tatap muka berjalan sesuai dengan yang disiapkan. 

Adapun Jadwal pelajaran tatap muka masa pandemi harus memperhatikan beberapa point penting sebelum diterapkan. Sehingga nantinya disesuaikan dengan kondisi di sekolah sekitar. Adapun poin penting dalam pelaksanaan Jadwal Tatap Muka Masa Pandemi ini sebagai berikut:

1. Tetap mengacu pada peraturan satgas covid dan atau pemerintah

2. Jumlah hari efektif dalam seminggu disesuaikan dengan aturan yang berlaku

3. Penggunaan 2 sesi dan 1 sesi disesuaikan dengan jumlah siswa. Jumlah siswanya di atas 14 setiap kelas maka alangkah baiknya menggunakan 2 sesi. 

4. Untuk pelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolah dan kelas. Disesuaikan dengan tingkat kesulitan pelajaran dan pemahaman siswa. 

5. Jumlah jam sehari menyesuaikan kondisi sekolah dan sesuai himbauan pemerintah daerah. 

6. Jadwal ini hanyalah contoh, tidak baku. Artinya tetap disesuaikan dengan kondisi sekolah, dan ketentuan dari pemerintah daerah. 

Untuk ketentuan penggunaan 1 atau 2 sesi berdasarkan jumlah siswa. Jika siswanya banyak atau di atas 14  orang sebaiknya dijadikan 2 sesi. Hal ini mengacu diperaturan satgas COvid untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sehingga nantinya tetap menjaga protocol Kesehatan. 

Adapun untuk format 3 hari PM atau 4 hari PTM ataupun 5 hari PTM tetap berdasarkan ketentuan dari pemerintah daerah. Untuk lebih lengkap mengenai jadwal PTM, bisa disimak di bawah ini.

Jadwal Pelajaran Tatap Muka SD K13 Masa Pandemi 

Untuk jadwal pelajaran ini, kami menyajikan dua versi. Versi pertama dalam bentuk word dan versi berikutnya dalam bentuk ekstensi excel. Jadwal ini bisa dijadikan untuk jadwal Pelajaran saat Newnormal atau jawal pada saat masa transisi. 

Contoh jadwal pembelajaran tarap muka SD versi Word untuk sekolah yang memiliki siswa banyak atau kelas parallel. Sedangan untuk versi excel kelas tunggal. Lebih detinya bisa disimak di bawah ini.

Download Contoh Jadwal Tatap Muka SD K13 Semester 2 Word – Unduh Disini

Download Contoh Jadwal Tatap Muka SD K13 Semester 2 Excel – Unduh Disini

Itulah contoh jadwal pelajaran tatap muka masa pandemi covid untuk SD semester 2 kurikulum 2013. Sekali lagi jadwal ini bukanlah jadwal patokan atau baku. Jadwal tetap harus memperhatikan peraturan daerah dan kondisi sekitar. Semoga apa yang CoretanGuru bagi kali bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Contoh Jadwal Pelajaran PTM SD K13 Masa Pandemi Covid Semester 2"