6 Permasalahan SIM PKB dan Solusi Penyelesaiannya

Permasalahan SIM PKB dan cara penyelesaianya akan kami sajikan untuk mempermudah pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengatasi masalah dan keluhan seputar SIM PKB yang sering terjadi di kalangan guru dan operator sekolah.

SimPKB adalah sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan. Dari pengertian SIM PKB tersebut dapat disimpulkan bahwa simPKB merupakan sistem yang disiapkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas keprosfesian guru.

Permasalahan SIM PKB dan Solusinya

Dengan memiliki SIM PKB, guru memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Sehingga nantinya guru tersebut memiliki kapabilitas dan kualitas yang sesuai dengan tuntutan jaman saat ini.

Akan tetapi ternyata masih banyak keluhan dan pertanyaan seputar SIM PKB saat ini. Sehingga baik guru ataupun tenaga kependidikan sekolah wajib memahami permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Sehingga tidak serta merta menyerahkan dan menyalahkan operator sekolah selaku pelaksana seputar pekerjaan online di sekolah. Oleh karena itu, kami sengaja menyajikan 6 pertanyaan dan permasalahan seputar SIM PKB yang sering terjadi berikut solusi pemecahannya.

Permasalahan SIM PKB dan Cara Pemecahannya

Cara Mengetahui No UKG guru

Nomor UKG merupakan hal penting yang tidak boleh lupa apalagi hilang. Pasalnya nomor UKG bisa dijadikan akses untuk memiliki akun SIM PKB. Sehingga baik no UKG dan SimPKB saling keterkaitan.

Namun karena jarangnya guru mengakses SimPKB karena kesibukan mengajar, menyiapkan adminitrasi dan sebagainya, maka sering terjadi guru lupa SimPKB. 

Jika guru tersebut pernah mengikti ujian UKG dan memiliki nomer UKG maka jangan khawatir. Masih ada solusi dan cara untuk mengetahui no UKG, Caranya adalah:

1. Buka Situs atau Web Resmi Layanan SIM PKB di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Ketika sudah muncul halaman resmi tersebut, maka pilihlah dan klik “pencaharian data GTK” 

3. Masukkan nama, provinsi, kabupaten/kota pada kolom yang tersedia

4. Klik Cari GTK, tunggu sampai proses pencaharian keluar.

5. Nomor UKG ini akan muncul pada guru yang memang memiliki no UKG atau pernah ikut UKG

Itulah Langkah-langkah untuk mencari No UKG yang lupa. SIlahkan cek kemudian simpan dan jangan lupa lagi yah.

cara daftar akun sim PKB

Cara Mendaftar Akun SIM PKB

Cara daftar SIM PKB sangatlah mudah. Syaratnya Cuma 1 yaitu memiliki nomor UKG. Berikutnya tinggal ikuti Langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Situs atau Web Resmi Layanan SIM PKB di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Ketika sudah tampil halaman GTK Belajar Kemdikbud, Pilih dan klik Registrasi Akun

3. Setelah sampai laman registrasi, masukkan no UKG dan identitas diri.

4. Isi chapca untuk memastikan yang mengisi adalah manusia bukan robot

5. Selanjutnya pilih registrasi atau daftar

6. Tunggu sampai load selesai maka akun sim PKB anda sudah diproses

Selamat bapak/Ibu guru sudah memiliki akun simPKB. Selamat menikmati layanan Pengembangan kompetensi guru melalui SimPKB.

Cara Mengatasi Akun SIM PKB ganda

Sim PKB merupakan sistem yang berpusat pada satu server. SIM PKB juga saat ini sudah singkron dengan dapodik. Sehingga banyak kemungkinan yang terjadi akibat validasi data yang diambil dari dua sumber tersebut.

Bahkan kemungkinan terdapat akun ganda juga sering terjadi. Untuk itu bagi guru untuk mengecek apakah akun SIM pKB nya ganda atau tidak. Jika ditemukan ganda, maka cara menyelesaikannya bisa mengikuti Langkah di bawah ini.

1.  Buka Situs atau Web Resmi Layanan SIM PKB di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Berikutnya pilih/klik pencaharian data gtk seperti Langkah mengecek atau mengetahui no UKG

3. Masukkan juga no UKG dan identttas alamat pada kolom yang tersedia

4. Pilih GTK

5. Jika ditemukan tunggal atau tidak ganda, maka bisa dipastikan akun SIM PKB tidak ganda

6. Jika ditemukan nama akun ganda, maka Langkah yang harus dilakukan adalah klik media pelaporan yang terdapat pada laman tersebut.

7. Pilihlah salah satu akun SIM PKB yang sering digunakan dan sudah terkoneksi dengan Dapodik. 

8. Berikutnya pilih lanjutkan/klaim

Itulah Langkah untuk mengecek apakah akun SIM PKB Ganda atau tidak serta mengatasi jika tidemukan akun sim PKB ganda. 

Cara Mengatasi Akun Sim PKB Tidak Singkron Ke Dapodik

SIM PKB saat ini harus singkron atau terkoneksi dengan dapodik. Adapun jika ternyata tidak tersambung dengan dapodik, maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. pastikan Dapodik sudah singkron versi terbaru

2. Bukalah web GTK Dapodik di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

3. Jika diketahui ganda dan belum pernah koneksi ke dapodik,  maka yang harus dilakukan adalah laporan ke operator Dinas Setempat. Karena dinas setempat adalah penanggung jawab terhadap Lembaga

4. berikutnya operator dinas kabupaten dan provinsi setempat melaporkan kepada pihak pengembang untuk segera diproses

5. Pihak sekolah melalui operator dapodik sekolah melakukan singkronisasi.

6. Tunggu minimal 2x24 jam setelah proses singkronisasi

7. Lakukan pengecekan di akun PTK Kemdikbud secara berkala. 

Cara Mengatasi Akun SIM PKB lupa password atau Cara Reset password Akun SIM PKB

Masalah seputar SIM PKB yang sering terjadi adalah lupa password. Bagi guru atau tenaga kependidikan sering lupa akun simPKB. Namun jangan khawatir, bagi guru yang lupa password bisa melakukan cara ebagai berikut. 

Cara mengatasi lupa password dan reset password adalah dengan melaporkan pad akomunitas yang menaungi. Untuk TK bisa komunikasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG). Sedangkan untuk guru SD komunikasikan dengan Gugus. Adapun untuk guru SMP bisa menghubungi MGMP. 

Adapun untuk Langkah lebih cepat bisa komunikasikan dengan operator dinas Pendidikan kabupaten atau kota. Setelah melakukan komunikasi dan laporan pada komunitas dan Lembaga yang menaungi mintalah untuk mereset paswowrd SIM PKB. 

Cara Mengatasi kesalahan Data dan Identitas Guru

Cara mengatasi kesalahan identitas guru pada SIM PKB khususnya kesalahan-kesalahan seperti berikut.

-  Kesalahan nama

-  Kesalahan tempat tanggal lahir

-  Kesalahan Jenis Kelamin

-  Kesalahan Pendidikan terakhir

Itulah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada guru-guru. Untuk itu Langkah yang harus dilakukan adalah dengan melapor dan komunikasi dengan operator dinas kabupaten atau kota. Berikutnya adalah melakukan singkroninsasi dapodik. 

Tunggu minimal 2 x 24 jam setelah singkronisasi. Setelah itu lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan data sudah berubah. Jika dalam waktu yang cukup lama tidak berubah, maka Kembali kemunikasikan dengan pihak operator dinas. 

Cara Merubah Data GTK di SIM PKB

Perubahan data bagi guru merupakan hal yang sering terjadi. Pergantian tahun pelajaran, mutase guru, dan pergantian tgas mengajar menyebabkan perubahan Satmikal. 

Agar data sim_PKB sesuai dengan kondisi real maka alangkah baiknya untuk diupdate. Manfaat dari update data ini agar nantinya dapat mengikuti pengembangan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan kerja Bapa/Guru.

Adapun perubahan Satmikal yang sering terjadi yaitu:

-  Perubahan tugas mengajar dari kelas rendah ke kelas tinggi atau sebaliknya

- Perubahan tempat tugas mengajar karena mutasi

Jika terjadi perubahan data satmikal di atas. Maka yang harus dilakukan adalah dengan melapor kepada operator SIM PKB dinas Kabupaten/kota. Setelah itu operator sekolah diharap melakukan singkronisasi dapodik. 

Kemudian minimal tunggu 2 x 24 jam setelah singkronisasi. Seperti biasa lakukan pengecekan secara beralaberkala. Tetap melakukan koordinasi dan komuniasi dengan OPS ataupun dengan operator Kabupaten.

Demikianlah 6 pertanyaan dan permasalahan seputar SIM PKB yang bisa CoretanGuru sampaikan. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Permasalahan SIM PKB dan Solusi Penyelesaiannya"

Posting Komentar