Kesempatan 1 Juta Guru Honorer Diangkat PPPK Disosialisasikan Kemedikbud

Kesempatan satu juta guru honorer diangkat menjadi PPPK semakin terbuka. Hal ini setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan sosialisasi terkait kesempatan 1 juta guru honorer menjadi P3K.

Kuota 1 juta guru PPPK yang diangkat dari honorer merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan guru honorer di Indonesia. Setidaknya ada dua masalah serius yang akan teratasi dengan program P3K ini yaitu masalah kesejahteraan guru honorer dan kekurangan guru di daerah. 

Kesempatan 1 Juta Guru Honorer Diangkat PPPK Disosialisasikan Kemedikbud

Mas Nadiem, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menegaskan bahwa pemerintah memberikan kesempatan yang adil dan demokrasi kepada guru honorer. Selain itu pemerintah juga memberikan kesempatan mengulang bagi yang gagal. 

Peluang 1 juta PPPK serta tidak ada Batasan usia 35 tahun juga memberikan peluang yang besar kepada seluruh guru honorer di Indonesia untuk terangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja atau PPPK.

Mendikbud juga menegaskan bahwa tes pelaksanaan PPPK lebih adil. Karena yang lulus bukan berdasarkan rekomendasi atau masa bakti. Melainkan murni hasil dari tes seleksi P3K. Bagi yang gagal juga masih diberikan hingga 3 kali. 

Artikel Terkait: Program Belajar dan Latihan Tes PPPK bersama Kemdikbud

Mengenai kesejahteraan, pegawai PPPK memiliki hak yang sama dengan PNS. Guru PPPK memiliki gaji dan tunjangan yang sama dengan guru PNS. Jadi secara kesejahteraan guru yang diangkat PPPK nantinya memiliki gaji sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Adapun sumber gaji PPPK nantinya akan mengambil dari daerah. Kemendikbud menyampaikan dalam sebuah acara di Sorong menyebutkan bahwa daerah jangan ragu untuk mengajukan kebutuhan guru. Karena nanti akan ditanggung oleh APBN bukan APBD. 

Jadi jika nantinya yang lolos hanya 100.000 orang, maka yang akan diangkat adalah sejumlah itu. tidak ada kompromi apalagi melalui jalur khusus. Semua pegawai PPPK harus melalui tes sesuai dengan undang-undang.

Kabar ini tentunya merupakan berita baik bagi seluruh honorer di Indonesia. Harapan untuk memiliki kesejahteraan dan penghidupan yang layak diapresiasi oleh pemerintah. Semoga tahun ini, kita semua menjadi bagian dari guru yang lolos tes PPPK. Aamiin. 


sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/mendikbud-sosialisasikan-kesempatan-sampai-dengan-satu-juta-guru-honorer-untuk-menjadi-pppk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesempatan 1 Juta Guru Honorer Diangkat PPPK Disosialisasikan Kemedikbud"

Posting Komentar