Kumpulan Soal Tes PPPK (P3K) Guru dan Penjelasannya

Kumpulan soal tes PPPK atau P3K tahun 2021 untuk guru honorer lengkap dengan penjelasannya akan kami sajikan dihalaman ini. Soal-soal ini merupakan soal PPPK tahun lalu yang tentunya secara kompetensi tidak jauh berbeda dengan tahun ini.

Seperti yang diketahui, Pemerintah memang berencana untuk Kembali mengangkat pegawai namun bukan ASN melainkan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. 

Kumpulan Soal Tes P3K Guru dan Penjelasannya

Beberapa Instansi pun diminta untuk segera mengirim formasi yang dibutuhkan. Terlebih pendidik atau guru. Kemendikbud merencanakan akan mengangkat 1 juta guru hingga masalah honorer tuntas. 

Baca Juga: 1 Juta Guru Akan Diangkat PPPK

Ada dua masalah dunia Pendidikan yang cukup memprihatinkan semua kalangan. Yaitu guru yang tidak merata atau banyak sekolah yang kekurangan guru, serta kesejahteraan honorer yang masih di bawah standard.

Melalui rekruitmen PPPK inilah pemerintah berharap permaslaahan di atas dapat di atasi. Walaupun begitu, bukan berarti lolos seleksi P3K adalah hal yang mudah. Calon peserta juga harus melalui tahap seleksi. 

Untuk membantu dalam tahap seleksi kami sajkan contoh soal PPPK tahun sebelumnya. Kumpulan soal-soal tes P3K ini bisa dijadikan bahan ajar. 

Seperti yang diketahui ada beberapa materi tes yang akan diujikan seperti Kompetensi Teknis, Manajerial, Sosiokultural, dan Pedagogik umum khusus guru. Berikut beberapa contoh soal Tes PPPK untuk Guru.

Contoh Soal Tes PPPK Kompetensi Pedagogik Umum dan Penjelasan

Seorang guru membuat peraturan kepada peserta didiknya tentang larangan membuang sampah sembarangan, dilarang mencorat-coret tembok dan meja. Pembiasaan seperti merupakan upata peningkatan kecerdasan....

A. Verbal Lingustik

B. Visual Spasial 

C. Kinestetis 

D. Naturalis

Jawaban: D (Naturalis)

Penjelasan:  

Poin A: Verbal Linguistik

Kecerdasasan Linguistik atau Verval Linguistik dapat dikembangkan dengan beberapa cara seperti bercerita, menulis jurnal, diskusi dan publikasi. Baik dalam hal mendengarkan cerita ataupun bercerita dapat memberikan kecerdasan linguistic atau verval linguistic kepada peserta didik. Begitu juga dengan diskusi, emnulis jrnal dan publikasi yang memberikan dampak positif kepada peserta didik. 

Poin B Visual Spasial

Kecerdasan Visual Spasial dapat dikembangkan dengan Visualisasi seperti membimbing anak untuk menciptakan imajinasi sebuah bayangan tentang apa yang mereka pelajari. Selain itu, penggunaan warna, sketsa gagasan, metafora gambar, serta symbol grafik juga menjadi cara untuk meningkatkan kecerdasan spasial.

Poin C Kinestetik

Kecerdasaran Kinestetik merupakan kecerdasan yang lebih dominan kepada gerak tubuh. Beberapa hal yang dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik seperti gestur tubuh atau respon tubuh terhadap informasi, kegiatan teater, hand of thinking, peta tubuh, serta konsep kinestetik. Beberapa hal tersebut bisa dilakukan di sekolah dan dipraktikkan kepada peserta didik. 

Poin D Naturalis

Kecerdasan naturalis lebih kepada kecerdasan memahami terhadap alam dan lingkungan sekitar. Beberapa Langkah untuk melatih kecerdasan naturalis seperti jalan-jalan di tempat terbuka, melihat ke luar jendela, keluar kelas, serta ekostudi. 

Ekostudi sendiri merupakan kecerdasan kepedulian peserta didik terhadap bumi. Hal ini bisa dilakukan dengan pemahaman larangan merusak tanaman, larangan membuang sampah sembarangan, dan semua kegiatan yang berkenaan dengan alam.

Dengan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jawaban soal tersebut adalah option D yaitu naturalis. Karena dengan adanya peraturan tersebut secara tidak langsung guru memberikan kecerdasan Naturalis atau kepedulian kepada alam.

Itulah contoh satu soal P3K tentang pedagogic umum. Soal tersebut lengkap dengan jawaban dan penjelasan setiap pilihannya. Jadi sangat mudah untuk dipahami dan dimengerti maksud dan tujuan soal serta nantinya bisa dijadikan sebagai bahan ajar jika sewaktu-waktu soal tersebut muncul dengan sajian yang berbeda. 

Artikel Terkait: Mengenal dan Cara Mendaftar Program Belajar Seri PPPK

Untuk mendapatkan contoh soal PPPK Guru Honorer lainnya yang lebih lengkap dan versi yang berbeda maka bisa diunduh di bawah ini. Selain soal Pedagodik umum, CoretanGuru juga menyajikan soal-soal tentang manajerial, integritas dan sosiokultural, serta soal kompetensi Teknis. 

Download soal Latihan Tes PPPK Guru dan Penjelasannya

Soal Tes P3K Kompetensi Pedagogik Umum  - Download Disini

Soal Tes PPPK Kemampuan Manajerial  - Download Disini

Soal Tes P3K Integritass dan Sosiokultural - Download Disini

Soal Tes PPPK Kompetensi Teknik Guru – Download Disini

Itulah link download soal seleksi P3K untuk guru honorer dan kunci jawaban serta dilengkapi juga penjelasan. Soal-soal tersebut bukanlah satu-satunya bahan ajar yang harus disiapkan. Bagi peserta tes PPPK sebaiknya juga mencari sumber lain sebagai variasi pengetahuan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kumpulan Soal Tes PPPK (P3K) Guru dan Penjelasannya"

Posting Komentar