0
Info GTK saat ini sudah mulai bisa dilihat oleh masing-masing guru. Cukup melalui login Sim PKB, masing-masing guru ataupun PTK sudah bisa melihat validasi data di Data Pokok Pendidikan atau yang dikenal dengan Dapodik.
Baca juga : Cara Mudah Cek Info GTK Melalui Login SIM PKB
Di Info GTK Keaktifan Belum Terverifikasi Oleh BKN
Namun temuan terakhir ternyata banyak guru yang status keaktifannya justru belum terverifikasi oleh BKN. Tidak hanya satu atau dua guru namun yang mendapatkan status ini justru hampir semua guru di Indonesia. hal ini sontak menjadikan guru yang bersangkutan mulai bertanya kepada operator sekolah atau OPS. Tidak sedikit pula yang menanyakan langsung kepada kantor BKN setempat mengenai kejelasan dari status keaktivan belum terverifikasi oleh BKN ini.

Bagi operator sekolah ataupun guru yang status keaktifannya belum terverifikasi oleh BKN jangan kaget jangan khawatir. Saat ini BKN masih dalam tahap verifikasi data dan singkonisasi dengan Dapodik. Penggabungan dua data pusat ini jelas membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Namun bukan berarti data hasil info GTK tidak bisa terpercaya. Guru dan operator bisa mengecek data lainnya selain dari keaktifan guru PNS tersebut. Seperti halnya gaji pokok, pangkat dan golongan, serta jumlah jam linear.

Jumlah jam linear adalah hal penting untuk keluarnya tunjangan prefesi guru atau sertifikasi. Jika masih belum linear silahkan kroscek lagi Dapodik mungkin ada kesalahan pembagian jam atau bisajuga diakibatkan jadwal yang tidak sesuai.

Selain itu penting juga melihat besaran gaji pokok. Pada pencairan dua triwulan yang lalu terdapat kasus hasil sertifikasi tidak sama dengan gaji pokok dan lebih kecil. Hal ini bisa jadi disebabkan kurangnya perhatian guru ataupun operator pada kolom ini. Jika diketahui belum sesuai dengan gaji maka hendaknya mintalah OPS untuk kroscek pangkat, golongan dan Gaji Berkala. jika tidaks esuai segeralah ubah dan lakukan singkronisasi.

Bagi yang semuanya sudah sesua, hanya pada bagian keaktifan oleh BKN saja bukan berarti bisa bersantai. Tetaplah pantau apakah benar PUPNS sudah dicek datanya atau belum. Jika tidak ada masalah maka tanda seru berlatar kuning tersebut boleh diabaikan. 

Posting Komentar Blogger

 
Top