3 Cara Cepat Mengerjakan EDS PMP Offline 2019.11 Terbaru

Cara Cepat Mengerjakan EDS PMP 2019.11 bisa dijadikan solusi tepat mengingat dealine pengisian PMP hanya dalam hitungan jari. Tidak ada waktu banyak untuk mengisi formulir EDS baik secara offline maupun online. Di sisi lain, pengisian PMP haruslah objektif dan sesuai dengan data yang ada. Artinya dalam mengisi PMP harusnya sesuai dengan kondisi real di sekolah masing-masing.

Seperti yang diketahui, Kemendikbud mengeluarkan surat edaran perihal batas akhir pengumpulan data Pemetaan Mutu Pendidikan atau yang dikenal dengan PMP. Pemetaan inilah yang nantinya akan dijadikan acuan sekolah maupun pemerintah dalam menentukan rencana dan kebijakan dalam satu tahun kedepan. Dari pengisian PMP inilah akan keluar raport mutu yang kemudian akan dilanjutkan dengan verval hingga terbitlah Rencana Kerja Sekolah dan sebagainya.
3 Cara Cepat Mengerjakan EDS PMP Offline 2019.11 Terbaru

Oleh karena itu, kendati batas waktu pengisian PMP sangatlah singkat, namun isian yang diberikan juga hendaklah sesuai dengan kondisi nyata di satuan pendidikan. Sehingga data yang dikirim tentunya valid. Apabila data yang dirim sudah valid, maka otomatis raport mutu yang keluar juga sesuai dengan kondisi real. Sehingga program dan rencana kerja sekolah di tahun yang akan datang sesuai dengan kebutuhan dan target sekolah.

Adapun untuk mengisi EDS PMP 2019.11 tentunya haruslah cepat. Ada beberapa cara cepat yang bisa dilakukan mengisi PMP. Mulai dari jalur putih sampai jalur hitam. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

3 Cara Cepat Mengisi EDS PMP 2019.11

1. Mengisi melalui EDS PMP Daring
Pemerintah sejatinya sudah menyiapkan solusi bagi yang kesulitan mengisi PMP 2019 yakni dengan keberadaan EDS PMP Daring atau Online. Cara ini sangat mudah dan simple. Karena setiap guru ataupun peserta didik bisa langsung input di perangkat miliknya. Tidak hanya melalui laptop tetapi juga bisa menggunakan ponsel.

Akan tetapi mengisi melalui EDS Daring ternyata tidak seperti yang diharapkan. Sejak diterbitkannya EDS PMP DIkdasmen Online atau Daring, ternyata tidak semua bisa mengisi atau bahkan menyimpan isian yang sudah dilakukan. EDS yang sudah terjawab biasanya sulit dan muter-muter ketika disimpan atau dikirim ke pusat. Hal ini pun menjadi salah satu alasan pemerintah kembali merilis PMP Offline sepeterti tahun-tahun sebelumnya.

2. Mengisi EDS PMP 2019 Dengan Banyak Laptop
Cara mengisi dengan multi laptop sebenarnya merupakan trik lawas. Bahkan sejak PMP generasi tahun 2016, cara mengisi PMP dengan banyak perangkat laptop sudah bisa dilakukan. Proses penyambungannya juga dibedakan menjadi 2. Ada yang menggunakan Kabel Lan atau penghubung antara laptop yang satu dengan perangkat yang lain ada juga yang tanpa Lan tapi menggunakan Wifi atau menghubungkan antara perangkat yang satu dengan yang lain tanpa kabel.

Cara seperti ini merupakan solusi terbaik untuk mengerjakan PMP 2019 dengan cepat. Selain data yang dikirim lebih valid karena guru ataupun siswa bisa mengisi jawabannya sendiri. Namun kendalanya adalah setting di awal sedikit ribet bagi yang tidak terbiasa dengan perangkat keras ataupun lunak.

3. Mengerjakan EDS PMP 2019.11 dengan Faster PMP atau Smart EDS 2019
Faster PMP kadang disebut sebagai cara paling cepat dalam mengisi kuesioner PMP. Faster PMP 2019.11 atau yang sekarang juga da aplikasi bernama Smart EDS 2019.11  sekarang masih banyak yang menggunakan. Cara instalasi Faster PMP 2019.11 atau Smart EDS PMP 2019.11 sangatlah mudah. Hal inilah yang menjadikan banyak operator mengambil langkah ini.

Akan tetapi cara ini tentu saja tidak dibetulkan. Karena prinsip Faster PMP adalah mengcopy jawaban orang lain yang sudah terjawab. Sehingga validasi dan objektivitas jawaban diragukan. Bahkan tidak hanya jawaban disinyalir akan sama, tetapi juga kadang tidak terbaca dalam rapor mutu. So, mending jangan pakai aplikasi faster atau aplikasi pembantu lainnya. Secara penugasan PMP tetaplah tugas personal guru bukanlah OPS.

BACA JUGA:
Cara Jitu Mengatasi Kuesioner PMP 2019.11 Tidak Muncul
Cara Mengatasi Guru Baru Mutasi Tidak Bisa Login PMP 2019

Itulah beberapa cara Mengisi dan Mengerjakan EDS PMP 2019.11 dengan capat. Semua pilihan tentunya terdapat resiko yang harus ditanggung. Tinggal pilih, cara terbaik yang akan dilakukan untuk mengisi PMP 2019.11 ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Cepat Mengerjakan EDS PMP Offline 2019.11 Terbaru"

Posting Komentar