RPP Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 Lengkap

RPP atau Rencana Pelaksanaan pembelajaran merupakan salah satu kelengkapan adminitrasi kelas yang harus disiapkan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, RPP menjadi salah satu dokumen wajib yang harus disiapkan guru.

Dalam penulisan RPP sendiri guru hendaknya melalui beberapa tahap. Mulai dari membuat program tahunan  (prota), Pemetaan KI dan KD, program semester (Promes/prosem), hingga akhirnya pembuatan RPP. Jika proses pembuatan RPP sudah sesuai prosedur maka RPP yang dibuat sudah sesuai dengan waktu mulai dari awal semester hingga ujian semester.
RPP Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1

Format penyusunan RPP sendiri hampir tidak ada perubahan setiap tahunnya. Namun ada beberapa yang harus diganti atau dihilangkan. Secara garis besar, RPP kurikulum 2013 kelas 4 SD nyaris tidak ada perubahan berarti sejak diberlakukannya Kurikulum 2013 dan Permendikbud no 22 tahun 2016.

Perlu diketahui, dalam penyusunan RPP sendiri terdiri dari 13 kompenen utama. Kompenen penyusunan RPP tersebut sudah berdasarkan panduan dari pemerintah. Sehingga nantinya tidak ada perbedaan dalam menyusun RPP k13. Beberapa kompenen utama RPP diantaranya harus mencakup:
BACA JUGA: 13 Komponen Penyusunan RPP Terbaru Beserta Contoh Pembuatan RPP

1. Identitas satuan pendidikan/sekolah
2. Identitas mata pelajaran
3. Kelas/semester
4. Materi pokok (tema/subtema/PB)
5. Alokasi Waktu yang dibutuhkan
6. Tujuan Pembelajaran
7. Kompetensi Dasar dan Indikator
8. Materi Pembelajaran
9. Metide Pembelajaran
10. Media Pembelajaran
11. Sumber Belajar
12. Langkah-langkah Pembelajaran
13. Penilaian

Ketigabelas komponen tersebut harus termuat dalam RPP. Selain itu, dalam langkah-langkah pembelajaran juga harus terdapat beberapa kegiatan yang menunjukkan Penguatan Pendidikan Karakter atau PPK. Sedangkan untuk Penilaian juga harus memuat soal HOTS. Untuk lebih memahami, silahkan simak RPP kelas 4 K13 edisi revisi berikut.

Download RPP kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1

Download RPP kelas 4 K13 Tema 1 Indahnya Kebersamaan - Unduh di Sini
Download RPP kelas 4 K13 Tema 2 Selalu Berhemat Energi - Unduh di Sini
Download RPP kelas 4 K13 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup - Unduh di Sini
Download RPP kelas 4 K13 Tema 4 Berbagai Pekerjaan - Unduh di Sini

Itulah link donwload RPP k13 SD sesuai dengan peraturan terbaru tahun 2017. RPP tersebut bukanlah barang jadi. Namun guru hendaknya lebih bijak dalam memanfaatkan RPP tersebut. Semua RPP setiap tema haruslah tetap melakukan proses edit sesuai dengan kondisi sekolah. Termasuk juga metode pembelajaran dan kegiatan pembelajarannya. Semoga Bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 Lengkap"

Posting Komentar