Download Silabus PLS Bagi Siswa Baru Berdasarkan Permendikbud No 18 Tahun 2016

Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS bagi peserta didik baru sudah dijabarkan dalam permendikbud no 18 tahun 2016. Permendikbud ini menjadi acuan setiap satuan pendidikan untuk menyelenggarakan Pengenalan Lingkungan Sekolah sekaligus materi yang akan disampaikan pada saat PLS tersebut.

PLS sendiri sejatinya sudah ada sejak lama. Namun dulu belum bernama PLS melainkan MOS atau Masa Orientasi Siswa. Seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai menetapkan kompetenti dasar yang disampaikan pada saat PLS. Sehingga tidak terjadi penyalahgunaan masa Orientasi atau Pengenalan Lingkungan Sekolah menjadi hal yang tidak diinginkan.
Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah

Dalam Salinan Permendikbud  No 18 Tahun 2016 disebutkan bahwa Pengenalan Lingkungan Sekolah memiliki tujuan diantaranya:
1. Mengenali potensi peserta didik baru
2. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, seperti: fasilitas umum, keamanan, sarana dan prasarana sekolah, dan sebagainya.
3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang fektif.
4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah.
5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain, kejujuran, kemandirian, saling menghargai, dan sebagainya.

Selain tujuan PLS tersebut, pemerintah juga mengatur pelaksanaan kegiatan PLS. Seperti tidak melibatkan murid atau alumni, Kegiatan PLS harus melibatkan guru, dan yang tidak kalah penting kegiatan PLS tidak dijadikan sebagai bahan peloncoan.
BACA JUGA: Kalender Pendidikan Profinsin Jawa Tengah tahun Pelajaran 2018/2019

Adapun untuk pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah dilaksanakan 3 (tiga) hari pada minggu pertama tahun pelajaran baru. Pelaksanaan ini sesuai dengan jam sekolah. Sedangkan Kepala Sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan Lingkungan Sekolah.

Tidak hanya itu, Pemerintah juga menyiapkan materi atau silabus tentang kegiatan ini. Sehingga nantinya kegiatan PLS menjadi lebih terarah dan sesuai dengan tujuan dari kegiatan itu sendiri. Untuk ketentuan lain beserta silabus kegiatan PLS ini bisa di unduh di bawah ini.

Silabus PLS Bagi Siswa Baru Berdasarkan Permendikbud No 18 Tahun 2016

Download Salinan Permendikbud No 18 tahun 2016 tentang PLS - UNDUH DISINI

Itulah link atau tautan yang digunakan sekolah atau lembaga terkait mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah. Silabus PLS ini bisa dijadikan pedoman kegiatan Pendidikan Lingkungan Skeolah atau PLS untuk tahun pelajaran 2018/2019. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Silabus PLS Bagi Siswa Baru Berdasarkan Permendikbud No 18 Tahun 2016"

Posting Komentar