Silabus Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Semester 1

Silabus Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 merupakan salah satu kelengkapan adminitrasi kelas yang harus disiapkan oleh guru. Silabus matematika ini berdasarkan revisi terbaru yang ditetapkan pemerintah.

Seperti yang diketahui, sejak tahun pelajaran 2017/2018 lalu muatan Matematika terpisah dari tematik. Bersama dengan kelas 4, Matematika kelas 5 tidak lagi menjadi satu dengan tematik untuk kurikulum 2013. Oleh karena itu, bagi guru kelas SD/MI hendaknya menyiapkan adminitrasi berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

coretan guru

Dengan terpisahnya Matematika kelas 5 dengan tematik maka bisa dipastikan materi dan kompetensi Matematika untuk kelas V menjadi semakin komplek. Tidak seperti matematika ketika digabung dalam satu tematik dengan muatan lain. Jelas terdapat banyak perbedaan, yang paling mencolok adalah materi-materi yangt disajikan lebih fokus dan spesifik.
BACA JUGA: Download Buku Kelas 5 Semester 1Kurikulum 2013 Revisi terbaru 

Adapun Materi-materi Matematika kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 adalah Bilangan Berpangkat dan Akar, Penjumlahan dan Penguarangan Pecahan, Perkalian dan Pembagian Pecahan, jarak dan kecepatan, dan Posisi benda pada arah mata angin.

Kelima materi utama dijabarkan dalam beberapa kompetensi Dasar. Kompetensi dasar tersebut terbagi lagi menjadi kemampuan memahami dan mengaplikasikan atau mempraktikkan materi yang diajar. Deangan kata lain, setiap materi Matematika kelas 5 dibagi menjadi dua Kompetnsi Inti yakni KI 3 dan KI 4.

Seperti halnya untuk Materi kelas 5 tentang bilangan berpangkat dan akar. Pada KI 3 kompetensi dasarnya adalah Menjelaskan dan Melakukan Pemangkatan dan Penarikan akar (pangkat 2 dan pangkat 3) pada bilangan cacah. Sedangkan untuk KI4 kompetensi dasarnya adalah Menyelesaikan Masalah yang berkaitan dengan pemangkatan dan penarikan akar pangkat 2 dan pangkat 3 bilangan cacah.

Dari Kompetensi materi matematika bilangan pangkat tersebut sudah bisa dipastikan bahwa nantinya peserta didik akan melakukan pemangkatan dan menarikan akar pangkat kemudian menyelsaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pemangkatan dan penarikan bilangan cacah.

Selain terdapat materi dan kompetensi dasar, silabus matematika kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 ini juga terdapat kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut bisa disesuaikan dengan strategi dan metode pembelajaran di kelas. Adapun untuk Kompetensi Inti 1 sampai 4 bisa disimak di bawah ini;
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, mengajukan pertanyaan berkenaan dengan dan mencoba berdasarkan rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Untuk lebih lengkap dan detilnya bisa langsung di download silabus Matematika SD Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah ini.

Silabus Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 


Download Silabus Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 MS Word - UNDUH DI SINI
BACA JUGA: Latihan Soal Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1  Peredaran Darahku Sehat

Itulah link download silabus matematika SD kelas 5 kurikulum 2013. Sangat mudah dan sederhana. Tinggal klik maka akan diarahkan pada google drive. Silahkan dicoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 "

Posting Komentar