0
Aplikasi Dapodikdasmen 2018 resmi keluar pada tanggal 4 Agustus 2017 lalu. Beberapa sekolah sudah mulai melakukan instalasi, namun tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan pada saat melakukan instal Dapodik terbaru ini.

Oleh karena itu sangat penting diperhatikan kepada sekolah ataupun OPS yang hendak melakukan instalasi Dapodik 2018. Karena jika ada yang belum dilakukan maka biasanya instalasi Dapodik akan mengalami kegagalan.

Salah satu langkah penting yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi Dapodikdasmen 2018 adalah dengan mematikan keamanan. Ada tiga keamanan yang hharus dimatikan, seperti anti virus, deepfreze serta windows firewall. Jika salah dari ketiganya masih aktiv, maka bisa jadi instalasi dapodik 2018 akan mengalami kesulitan. Untuk Lebih detiilnya bisa disimak di bawah ini.

Langkah Penting Sebelum Instalasi Dapodik 2018


  1. Uninstall Aplikasi sebelumnya, Langkah pertama sebelum melakukan instalasi Dapodik Terbaru adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi sebelumnya. Jika tidak di uninstall, maka instalasi tidak akan berhasil.
  2. Hapus chache, Langkah ini sebenarnya tidak terlalu penting. Apalagi jika komputer/laptop yang digunakan untuk dapodik tidak digunakan membuka lainnya. Namun akan lebih baik jika dihapus chache atau sampah. Caranya dengan membuka crhome/Mozilla, trus masuk setting, Kemudian pilih History. Setelah itu tinggal pilih clear hostory dengan mencentang cache, dll
  3. Setting Jam, Pastingan pengaturan jam merupakan jam Indonesia. Perlu diketahuin khusus untuk WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat) memiliki timezone  atau zona waktu (UTC +7:00, Bangkok, Hanoi, Jakarta) 
  4. Matikan perngkat pengamanan, ada tiga hal yang harus dimatikan sebelum instalasi Dapodik yakni, Deepfreze, Antivirus, serta WIndows Firewall. Beberapa temuan menyebutkan bahwa antivirus dan Windows firewall dapat menyebabkan database Dapodik tidak berjalan. 
  5. Jaringan, Pastikan jaringan tidak mengalami kendala jika melakukan instalasi danregistrasi online. Sedangkan jika melalui offline pastikan juga data prefill sudah tergenerate.
Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan agar instalasi Dapodik berjalan lancar. Satu hal lagi yang perlu dilakukan sebelum melakukan instalasi dapodik 2018, yaitu Membaca Doa. Semoga apa yang dilakukan mendapat keberkahan. 

Posting Komentar Blogger

 
Top