0
Memiliki anak yang cerdas dan cerdik menjadi dambaan setiap orang tua. Oleh karena itu memotivasi anak agar rajin belajar menjadi kunci utama. Walaupun tidak mudah dalam mendidik anak, namun dengan adanya motivasi belajar akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dan lebih merasa diperhatikan.
cara memotivasi anak belajar

Anak yang sudah memiliki genetik cerdas jika malas pasti tidak akan menjadi pintar dan akan kalah dengan anak yang rajin belajar. Cara Memotivasi anak agar rajin belajar dapat disimak di bawah ini.

Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

1.      Memotivasi anak agar rajin belajar dengan menjelaskan manfaat belajar pada anak
Pertama-tama yang harus orang tua lakukan adalah dengan menjelaskan apa manfaat pelajaran yang diberikan disekolahan. Seperti contoh jika bisa berhitung maka nantinya saat belanja akan dapat menghitung sendiri harga-harga barang yang dibeli.

2.      Memotivasi anak agar rajin belajar dengan memberikan dukungan
Setiap anak pastinya senang jika diberi dukungan, oleh karena itu dukunglah anak dalam segala hal pelajaran. Contohnya apabila anak mendapatkan nilai jelek, jangan langsung memarahi anak akan tetapi beri motivasi agar mau rajin belajar lagi sehingga nilainya meningkat. Sebaliknya jika nilai anak naik maka jangan sungkan-sungkan untuk memujinya bahkan memberikan hadiah yang didambakan.

3.      Memotivasi anak agar rajin belajar selanjutnya dengan menanyakan tentang sekolah
Tanyalah apa yang telah terjadi di sekolah setelah anak pulang sekolah. Hal ini akan membuat anak termotivasi, apalagi jika anak bercerita tentang pelajaran yang disenanginya. Setidaknya orang tua harus bisa memotivasi anak agar rajin belajar apalagi dengan pelajaran yang anak tidak sukai.

4.      Memotivasi anak agar rajin belajar dengan mengatur jam belajar
Dengan disiplin jam belajar ini juga dapat memotivasi anak agar rajin belajar. Buatlah kesepakatan kepada anak dengan mengatur jam belajar. Anak yang disiplin belajar pastinya akan melatih dirinya untuk disiplin yang lain juga.

5.      Memotivasi anak agar rajin belajar dengan membuat metode belajar yang menyenangkan
Sebagai orang tua tentunya harus pandai dalam memberikan metode belajar anak. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak mudah jenuh dan bosan. Dengan metode yang menyenangkan anak akan merasa termotivasi sehingga anak akan rajin belajar.

6.      Jangan Jadikan Belajar Sebagai Hal Yang Menakutkan
Memaksa anak harus belajar justru akan membuat anak menjadi ogah-ogahan belajar. Tidak sedikit anak yang batinnya berontak ketika disuruh belajar. Oleh karena itu jangan memaksa anak untuk belajar jika dalam keadaan badmood. Namun carilah mood dan momen terbaik untuk menggiring anak mau belajar.


Beberapa cara memotivasi anak agar rajin belajar di atas baru sebagian, masih banyak cara-cara memotivasi lain sesuai dengan kreatifitas orang tua mendidik anaknya.

Posting Komentar Blogger

 
Top