Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD 2021 dan Pembahasan

Latihan soal kompetensi teknis PPPK Guru SD 2021 serta pembahasannya bisa dilakukan di halaman ini.

Pada postingan kali ini kami akan menyajikan soal-soal kompetensi teknis PPPK Guru SD serta pembahasannya sebagai persiapan kepada para guru yang akan mengikuti seleksi P3K sebentar lagi.

Jadwal pelaksanaan tes PPPK Guru akan dilangsungkan dalam waktu dekat. Pemerintah juga sudah merilis materi dan ambang batas atau passing PPPK guru tahun 2021. Dari ambang batas tersebut dapat diketahui salah satu materi tes yang patut mendapatkan perhatian khusus para peserta tes adalah soal kompetensi teknis.

Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD 2021 dan Pembahasan

Berdasarkan Keputusan MenpanRB no 1127 tahun 2021 tentang nilai ambang atas seleksi PPPK Guru diketahui bahwa nilai yang paling membutuhkan skor tinggi adalah nilai kompetensi teknis. Tidak tanggung-tanggung ambang batas atau passing grade nilai kompetensi teknis untuk guru kelas SD adalah 320.

Baca Juga: Passing Grade Seleksi PPPK Guru SD 2021

Selain itu soal terbanyak dalam seleksi P3K nantinya juga soal kompetensi teknis. Sebanyak 100 soal akan disajikan dan harus selesai dalam waktu 100 menit. Dengan kata lain, peserta tes wajib menyelesaikan tiap soal paling lama 1 menit. Jika lebih maka kemungkinan akan banyak soal tidak terjawab.

Mengenai skor tiap soal, pemerintah menetapkan, khusus untuk kompetensi ini adalah nilai 5 jika jawaban benar dan jika tidak menjawab atau salah maka tidak akan mendapatkan nilai.

Jika merujuk pada nilai passing grade dan skor nilai setiap soal, maka peserta wajib benar paling sedikit 64  soal. Dengan benar 64 soal maka peserta tersebut sudah mengantongi nilai 320 atau lulus passing grade.

Namun mendapatkan skor tersebut bukanlah perkara mudah. Pasalnya alokasi waktu yang begitu singkat setiap soal dan jumlah soal banyak menyebabkan konsentrasi peserta sedikit terganggu. Bahkan bisa dibilang akan menurun jka dipaksa memeras otak dalam waktu yang Panjang.

Belum lagi materi yang diujikan merupakan materi yang komplek. Walaupun berhubungan dengan keguruan namun teori jelasnya memberikan nuansa yang berbeda. Bahkan jika guru tersebut sudah lama mengabdi bukan jaminan bisa menyelesaikan soal Kompetensi Teknis P3K guru SD tersebut dengan sempurna.

Bagaimana tidak, untuk materi kompetensi teknis berisi tentang pengetahuan, pemahaman, peserta tes terkait bidang yang dilamar. Jadi untuk guru SD materi kompetensi teknisnya adalah mata pelajaran dan materi keguruan atau pedagogik.

Untuk materi pelajaran terdiri dari materi inti sekolah dasar seperti PPkn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Sedangkan untk materi pedagogik adalah materi tentang pengetahuan seputar dunia pendidik.

Seperti yang diketahui, walaupun sudah menjadi pendidik namun banyak teori-teori yang menggunakan Bahasa ilmiyah atau Bahasa pengetahuan justru kesulitan. Termasuk juga strategi dan metode belajar dengan aneka ragam nama dan strategi.

Oleh karena itu kali ini kami sajikan Soal Kompetensi Teknis PPPK Gur SD tahun 2021 sebagai bahan ajar dan Latihan sebelum menghadapi seleksi P3K yang sudah didepan mata. Tidak sekedar contoh soal Latihan saja, kami juga menyertakan pembahasan setiap soal untuk mempermudah memahami materi soal. Langsung saja download Latihan soalnya di bawah ini.

Prediksi Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru Sd 2021

Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD yang akan kami sajikan merupakan soal Latihan yang kemungkinan akan keluar walaupun tidak sama persis namun muatan materinya tidak akan jauh beda. Untuk itu kami sajikan lebih dari 200 contoh soal P3K kompetensi Teknis yang bisa dijadikan bahan belajar.

Download Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021 – LATIHAN

Soal Lain: Soal Latihan PPPK Guru Honorer 

Itulah link contoh soal yang bisa diunduh kemudian dijadikan sebagai bahan ajar untuk menghadapi tes P3K yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Demikian soal-soal P3K yang kami sajikan, simak terus Update Info PPPKuntuk mendapakan info terbaru lainnya hanya di coretanguru.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD 2021 dan Pembahasan"

Posting Komentar