Download Permendikbud No 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Pdf

Pemerintah resmi mengeluarkan Permendikbud no 15 tahun 2018 tentang beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini ditanda tangani pada tanggal 23 Mei 2018 dan terdiri dari tiga lampiran.

Dalam Peraturan tersebut disebutkan beberapa hal tentang tugas guru. Termasuk pemenuhan jam kerja yakni 40 jam perminggu dengan rincian 37,5 jam merupakan jam kerja efektif dan 2,5 jam adalah jam istirahat.
Download Permendikbud No 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Pdf

Selain itu juga terdapat tugas pokok guru yang harus dipenuhi dalam di waktu 37,5 jam tersebut. Diantaranya Merencanakan, Melaksanakan, Menilai, Membimbing, dan Tugas Tambahan pembelajaran. Semua tugas tersebut harus dipenuhi oleh setiap guru. Tentunya dengan catatan semua hal tersebut memiliki bukti fisik dalam setiap kegiatan seperti RPP, pengolahan penilaian, dan sebagainya.
BACA JUGA: Juknis BOS 2018 Terbaru Berdasarkan Permendikbud 1 Tahun 2018

Guru juga memiliki tugas beberapa tugas tambahan wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, kepala laboratorium, bimbingan khusus, dan tugas lain yang bisa diemban guru dalam satu satuan pendidikan atau sekolah.

Tidak hanya itum, dalam Permendikbud nomor  15 tahun 2018 juga terdapat tugas guru lainnya yang dijabarkan dalam Lampiran 1 Permendikbud nomer 15 2018. Dalam lampiran 1 tersebut dijabarkan Tugas lain guru dan ekuivalensinya. Termasuk diantaranya tugas sebagai wali kelas, pembina osis, pembina ekstrakurikuler, Koordinator Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB)/Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan beberapa tugas guru lainnya juga terdapat dalam lampiran 1 ini.

Dalam lampiran 2 terdapat tugas dari Kepala sekolah. Dalam lampiran ini ada 3 tugas utama kepala sekolah yakni Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, dan Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Semua hal tersebut dilengkapi dengan rincian tugas dan bukti fisik dari kepala sekolah.

Lampiran 3 dari Permendikbud nomer 15 tahun 2018 adalah tentang tugas dari pengawas sekolah. Rncian beban kerja pengawas tersebut sudah tersaji lengkap dalam lampiran ketiga. Untuk lebih detiklnya bisa didownload Peraturan menterinya beserta lampirannya di bawah ini.

Download Permendikbud No 15 Tahun 2018 pdf

Salinan Permendikbud nomor 15 tahun 2018 (Download)
Salinan Lampiran 1 Permendikbud no 15 tahun 2018 (Download)
Salinan Lampiran 2 Permendikbud no 15 tahun 2018 (Download)
Salinan Lampiran 3 Permendikbud no 15 tahun 2018 (Download)

Itulah peraturan menteri terbaru tentang tugas guru dan tugas tambahn guru di sekolah. Termasuk juga jam kerja yang harus dilaksanakan oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Sangat detil dan jelas peraturan ini. Semoga bisa dicerna dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Permendikbud No 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Pdf"

Posting Komentar