Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2018 Untuk TK, SD, SMP, SMA Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2018

Pemerintah resmi mengeluarkan peraturan Penerimaan Peserta Didik baru untuk Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2018. Peraturan tersebut dikeluarkan melalui Permendikbud no 14 tahun 2018.

Dalam permendikbud disebutkan beberapa ketentuan, termasuk ketentuan umum yang meliputi pengertian TK, SD, hingga menteri. Selain itu dalam Peraturan tersebut juga disebutkan tujuan diadakannya peraturan PPDB untuk TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Adapun tujuan tersebut diantaranya Menjamin Penerimaan Peserta Didik baru yang objektif, transparan, akuntable, nondiskriminatif, dan berkeadilan dalam rangka mendorong penigkatan akses layanan pendidikan. 
Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2018 Untuk TK, SD, SMP, SMA Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2018

Permendikbud Nomor 14 tahun 2018 tersebut juga menjelaskan Kriteria usia. Adapun kriteria usia calon peserta didik baru bisa disimak adalah sebagai berikut:
Kriteria usia masuk TK
- Usia 4 tahun sampai 5 tahun masuk kelompok A
- Usia 5 tahun sampai 6 tahun masuk kelompok B

Kriteria usia masuk SD
- Usia 7 tahun
- Usia minimal 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2018
- Untuk usia 7 tahun wajib diterima
- Usia minimal 6 tahun pertanggal 1 Juli diterima jika kuota masih ada
- Kurang dari 6 tahun atau antara 5 tahun sampai 6 tahun bisa diterima dengan catatatan memiliki bakat atau kecerdasan istimewa dengan dibuktikan dengan rekomendasi psikolog atau dewan guru.

Kriteria usia masuk SMP
- maksimal berusia 15 tahun
- Memiliki ijazah atau STTB SD atau sederajat

Kriteria usia masuk SMA/SMK
- Berusia maksimal 21 tahun
- Memiliki iazah atau STTB SMP atau sederajat

Selain berisi kriteria usia, dalam peraturan menteri perihal penerimaan siswa baru juga berisi beberapa hal penting seperti persayaratan tempat tinggal dan radius atau zonasi. Dengan begitu maka Permendikbid no 14 th 2018 ini sudah cukup untuk menjadi dasar landasan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota dalam pengambilan kebijakan seiring penerimaan peserta didik baru tahun 2018. Untuk lebih detilnya bisa langsung download di bawah ini.

Peraturan PPDB 2018 untuk TK, SD, SMP, SMA/SMK Terbaru

Download Lampiran Permendikbud No 14 tahun 2018 tentang PPDB - UNDUH

Itulah peraturan pemerintah sebagian saja. Untuk lebih detilnya bisa langsumg di download catatan Permendikbud tentang PPDB di atas dengan klik tulisan UNDUH. Sangat mudah dan tidak ribet karena lampiran sudah berada dalam bentuk PDF dan disimpan dalam google drive.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2018 Untuk TK, SD, SMP, SMA Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2018"

Posting Komentar