Persyaratan Pemberkasan PPPK Guru 2021

Persyaratan pemberkasan PPPK Guru 2021 terdiri dari dokumen-dokumen penting yang harus disiapkan dan dikumpulkan sebagai persyaratan pendapatkan NIPPP atau nomor Induk P3K.

Persyaratan Pemberkasan PPPK merupakan salah satu agenda yang harus dilakukan oleh peserta seleksi PPPK yang sudah dinyatakan lulus seleksi baik seleksi tahap pertama, tahap kedua ataupun tahap ketiga.

Tentunya Jadwal pelaksanaan pemberkasan ini dibatasi oleh waktu tertentu. Apalagi dengan padatnya agenda seleksi PPPK tahun 2021 karena adanya penyesuaian-penyesuaian jadwal dan harus tuntas di bulan Desember 2021 nanti. Maka kemungkinan besar waktu yang dibutuhkan untuk pemberkasan juga terbatas.

Persyaratan Pemberkasan PPPK Guru 2021

Berdasarkan alur pengadaan PPPK yang dirilis oleh website SSCN BKN atau di https://sscasn.bkn.go.id/alur maka pelaksanaan pemberkasan dimulai setelah masa sanggah. Setiap tahap seleksi memiliki dua kali pengumuman. Pengumuman pertama adalah pengumuman hasil seleksi dan pengumuman kedua adalah pengumuman pasca masa sanggah.

Berdasarkan alur Seleksi PPPK Guru 2021 maka proses pemberkasan dilakukan setelah pengumuman pasca masa sanggah. Mengingat masih ada beberapa file yang dibutuhkan untuk proses upload maka alangkah baiknya berkas atau dokumen-dokumen yang dibutuhkan harus disiapkan terlebih dahulu.

Ada beberapa dokumen penting yang membutuhkan proses lumayan Panjang untuk mengurusnya. Apalagi ditambah banyaknya peserta lain yang akan mengurus tentu akan memperpanjang waktu mendapatkan dokumen tersebut.

Baca Juga: Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW

Adapun dokumen-dokumen harus disiapkan masih Berdasarkan Panduan Pengadaan PPPK nomor 1 tahun 2019 yang dirilis Badan Kepegawaian Negara atau BKN. Kalaupun akan ada regulasi atau peraturan baru mengenai pemberkasan tahun ini kemungkinannya tidak akan banyak berubah. Bisa jadi akan ada beberapa dokumen tambahan terkain kondisi terbaru saat ini.

Untuk itu tidak ada salahnya sebagai gambaran awal dan persiapan untuk Persyaratan Pemberkasan PPPK tahun 2021 maka perlu diperhatikan beberapa dokumen penting berikut.  

Dokumen Pemberkasan P3K Guru 2021

Dokumen persyaratan pemberkasan PPPK guru tahun 2021 kemungkinan akan menggunakan file atau soft copy. Karena nantinya dokumen-dokumen tersebut akan diupload. Adapun ketentuan-ketentuan dokumen sebaai berikut:

1. Pas Foto Terbaru Format JPG ukuran Maksimal 500kb

Pas foto ini merupakan foto formal dengan menggunakan latar belakang merah dan kemeja lengan Panjang. Bagi yang berjilbab menggunakan jilbab warna hitam. Foto yang dimaksud adalah foto resmi atau formal bukan foto selfie. Diharapkan menggunakan foto kualitas yang baik jangan menggunakan foto yang di scan.

2. File Scan Ijazah Asli Format PDF ukuran maksimal 500kb

File ijazah yang dimaksud adalah ijazah yang digunakan pada saat pendaftaran seleksi PPPK.

3. File Scan Transkrip Nilai Format PDF ukuran maksimal 500kb

File transkrip nilai merupakan nilai yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang sama dengan ijazah.

4. File Scan Daftar Riwayat Hidup (DRH) Format PDF ukuran maksimal 500kb

Daftar Riwayat Hidup yang berisi identitas diri, Pendidikan, dan sebagainya. Daftar Riwayat Hidup ini menggunakan materai 10.000 dan terdapat foto formal berukuran 4x6. Adapun DRH harus diketik computer kecuali beberapa kolom yang harus diketik tangan. (ada keterangan)

5. File Scan Surat Pernyataan Lima Poin Format PDF ukuran maksimal 500kb

Surat pernyataan ini berisi 5 poin pernyataan yang harus ditandatangi dengan materai 10.000.

6. File Scan SKCK Format PDF ukuran maksimal 500kb

Surat Keterangan Catatan kepolisian yang dikeluarkan oleh Kepolisian Resort (Polres) berdasarkan domisili. SKCK ini harus berisi keterangan keperluan yang tertulis “untuk usul pengangkatan PPPK”.

7. File Scan Surat Keterangan Sehat jasmani Rohani Format PDF ukuran maksimal 500kb

Surat keterangan sehat ini wajib ditandatangani oleh dokter berstatus PNS atau Dokter yang ada di unik Kesehatan pemerintah (Rumah Sakit Umum Pemerintah). Dalam surat keterangan sehat ini juga ditulis keperluan “untuk usul pengangkatan PPPK”

8. File Scan Surat keterangan Bebas dari NAPZA Format PDF ukuran maksimal 500kb

Surat keterangan ini berisi surat keterangan tidak mengkonsumsi atau menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA). Surat ini dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah atau Lembaga yang diberi kewenangan pengujian NAPZA tersebut. Adapun untuk keterangan keperluan ditulis “untuk usul pengangkatan PPPK”.

Paling Banyak Dibuka: Twibbon Ucapan Selamat Lulus PPPK 2021

Itulah 8 dokumen penting pemberkasan PPPK yang harus disiapkan oleh peserta yang lulus P3K. Untuk format Surat keterangan 5 Poin dan Daftar Riwayat Hidup (DRH) terdapat di lampiran peraturan BKN nomor 1 tahun 2019 tentang petunjuk Teknis pengadaan PPPK.

Untuk file scan yang dibutuhkan alangkah baiknya menggunakan mesin scanner bukan menggunakan Hp. Karena hasilnya jelas berbeda antara menggunakan HP dengan mesin scanner. Terutama di pencahayaan dan biasanya ada watermark jika menggunakan HP.

Adapun dokumen tersebut berdasarkan Pedoman Pengadaan PPPK tahun 2019. Jika kemungkinan ada regulasi atau peraturan terbaru seputar pemberkasan tahun 2021 kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda.

Demikian informasi mengenai berkas dan dokumen pemberkasan PPPK Guru tahun 2021. Untuk informasi seputar PPPK lainnya bisa langsung klik SEPUTAR PPPK. Selamat bagi yang berhasil lulus PPPK tahun ini, semoga Amanah dan berkah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persyaratan Pemberkasan PPPK Guru 2021 "

Posting Komentar