Administrasi Sekolah Untuk PPDB SD, SMP, dan SMA

Administrasi sekolah untuk PPDB SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA akan kami sajikan lengkap di postingan kali ini. Administrasi ini merupakan salah satu dokumen penting yang harus disediakan sekolah.

Penerimaan peserta Didik baru atau PPDB merupakan langkah awal kerja sekolah setiap tahun ajaran. Sangat penting bagi sebuah Lembaga atau satuan Pendidikan untuk tertib adiministrasi dengan menyiapkan segala adminitrasi untuk PPDB.

Administrasi Sekolah Untuk PPDB SD, SMP, dan SMA

Adapun tertib adiministrasi ini bukan sekedar salah satu syarat dalam pelaksanaan PPDB atau sekedar pelaporan kepada instansi yang bertanggung jawab atas Lembaga itu. lebih dari itu, administrasi sekolah terkhusus Penerimaan Peserta Didik Baru bisa dijadikan arsip penting sekolah jika dibutuhkan dikemudian hari.

Oleh karena itu kami sajikan beberapa adminitrasi penting dalam pelaksanaan PPDB. Administrasi tersebut meliputi SK panitia, juknis, hingga format model S1 hingga S4 lengkap dengan pelaksanaan daftar ulang dan MPLS. Untuk lebih lengkapnya mengenai administrasi sekolah untuk PPDB bisa langsung disimak di bawah ini.

DAFTAR ISI

  1. SK Panitia PPDB
  2. Juknis PPDB
  3. Format S1 Formulir Pendaftaran PPDB
  4. Format S2 Daftar Pendaftar Calon Peserta Didik
  5. Format S3 Daftar Pendaftar yang Diterima
  6. Format S4 Buku Induk
  7. Formulir Peserta Didik Dapodik (FPD)
  8. Surat Pernyataan Daftar Ulang


SK Panitia PPDB

SK Panitia Penerimaan Pesertaan Didik Baru merupakan tahap pertama yang dilakukan sekolah dalam melaksanaan PPDB.  SK ini dikeluarkan oleh pihak Lembaga atau sekolah sebagai pembagian tugas guru atau tenaga kependidikan pada saat PPDB.

Seperti SK Panitia pada umumnya terdapat beberapa poin yang disampaikan dalam menentukan keputusan. Seperti peraturan dan keputusan dari pemerintah pusat dan daerah. 

Sedangkan untuk lampiran SK berisi daftar nama panitia PPDB yang terdiri dari elemen yang ada di sekolah. Termasuk juga rincian kegiatan dan tugas yang dilakukan oleh panitia dalam  SK tersebut. Untuk detilnya bisa langsung contohnya di - download Contoh SK Panitia PPDB


Juknis PPDB

Salah satu tugas dari panitia PPDB adalah membuat pedoman teknis (Domnis) atau juknis (petunjuk teknis). Juknis inilah yang nantinya akan dijadikan acuran dan dasar dalam pelaksanaan PPDB dalam satuan Pendidikan.

Dalam pembuatan juknis ataupun pedman teknis, PPDB hendaknya merujuk pada dasar hukum di atasnya yaitu Permendikbud yang mengatur PPDB serta kebijakan pemerintah setempat yang tentunya juga mengatur PPDB.

Selain itu barulah diturunkan dengan peraturan di sekolah atau satuan Pendidikan. Tentunya dengan tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan pemerintah maupun pemerintah daerah.

Adapun bagian-bagian dari juknis atau pedoman teknis PPDB diantaranya latar belakang, uraian pelaksanaan, tata cara ppdb, jadwal ppdb, dan berkas-berkas pendukung lainnya. Lebih lengkapnya bisa di cek dan download di – Download Juknis PPDB Sekolah Dasar 

Format S1 Formulir Pendaftaran PPDB

Format S1 merupakan dokumen pertama yang diisi oleh calon peserta didik. Format S1 ini adalah formulir pendaftaran PPDB. Terdapat poin-poin penting dalam formulir ini. Tentunya yang diisi adalah identitas peserta didik, keluarga, dan latar belakangnya.

Format S1 Formulir Pendaftaran meliputi:

Identitas Calon Peserta Didik

Dalam identitas calon peserta didik berisi:

- nama Lengkap dan nama Panggilan

- Tempat tanggal lahir

- Agama

- status kewarganegaraan

- Jumlah saudara, dan sebagainya


Identitas Orang Tua Calon Peserta Didik

- Nama Ayah

- Nama Ibu

- Pekerjaaan Ayah

- Pekerjaan Ibu

- Alamat orang tua

- Nama Wali (diisi jika ada) 

Itulah bagian formulir penerimaan peserta didik baru. Untuk informasi dan format yang lebih lengkap seperti informasi mengenai latar belakang Pendidikan calon peserta didik bisa langsung lihat contoh formulir di – Download Format S1 Formulir PPDB

Mengingat sekarang situasi pendidikan di Indonesia sedang darurat khusus akibat wabah. Maka formulir pendaftaran model Format S1 bisa dibuat dalam bentuk online. Cara membuat formulif pendaftaran online sangatlah mudah. Cukup sediakan email dan akun google drive. Lebih detilnya mengenai tutorialnya bisa di simak di - Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online 

Format S2 Daftar Pendaftar Calon Peserta Didik

Format S2 merupakan kelanjutkan dari format S1. Format S2 berisi rekap seluruh pendaftar yang mengisi formulir. Jadi dalam rekap tersebut masih berupa pendaftar total dan belum melalui tahap penyaringan.

Format penyusunan S2 sendiri terdiri dari beberapa kolom identitas calon peserta didik seperti nomor urut pendaftaran, nama calon peserta didik, tempat tanggal lahir, nama orang tua, alamat, dan sebagainya.

Data ini nanti tetap dilaporkan kepada dinas kabupaten ataupun pengawas sekolah. Oleh karena itu sangat penting bagi sekolah untuk membuat format S2 ini sebagai bukti kerja dan kinerja panitia PPDB. Untuk contoh format S2 bisa langsung unduh di – Download Format S2 Rekap Pendaftar PPDB

Format S3 Daftar Pendaftar yang Diterima

Format S3 merupakan rekap daftar calon peserta didik yang diterima di sekolah. Tentunya rekap ini sudah melalui hasil pengolahan dan verifikasi data. Termasuk sudah melalui tahap penscoran jika memang dilakukan oleh panitia.

Adapun tata cara penskoran PPDB setiap daerah dan Lembaga berbeda. Pasalnya saat ini sekolah dilarang keras melakukan seleksi PPDB yang meliatkan kompetensi kognitif dan sebagainya. Jadi setiap panitia memiliki skema dan Langkah khusus dalam proses PPDB baik dengan menggunaka metodepenskoran usia dan jarak.

Sedangkan untuk Format S3 PPDB yang berisi siswa yang diterima di dalamnya sudah termuat daftar siswa lengkap beserta identitasnya dan tentunya adalah kelas. Terkhusus untuk kelas parallel jadi pembagian kelas sudah bisa ditentukan di format S3.

Secara isi sebenarnya format S3 tidak jauh berbeda dengan format S2. Namun yang membedakan adalah pada format S3 terdapat kolom khusus bahwa siswa tersebut diterima atau tidak. APabila siswa tersebut diterima maka dilanjutkan dengan isian kolom kelas. Lebih lengkap dan detil mengenai format S3 bisa langsung di cek – Download Format S3 PPDB SD, SMP, dan SMA

Format S4 Buku Induk

Format S4 adalah tahap berikutnya dari format S3. Pada format S4 adalah format isian buku induk. Buku induk sendiri merupakan dokumen penting dan rahasia milik sekolah. Berisi identitas siswa lengkap dengan penilaiannya. 

Dengan kata lain buku induk berisi daftar siswa sejak sekolah tersebut didirikan hingga saat ini. Oleh karena itu buku induk dikenal dengan dokumen sakral milik sekolah. Ibaratkan sebuah sistem, maka buku induk adalah data basenya. 

Sejak diterapkannya kurikulum 2013, format buku induk mengalami banyak perubahan. Disebabkan pedoman dan format penilaian di kurikulum 2013 juga berubah-ubah. Mulai dari penilaian deskripsi tanpa angka, hingga penilaian muatan atau mata pelajaran dengan angka dan deskripsi. 

Terakhir pemerintah menetapkan pedoman penilaian pada tahun 2018 lalu. Sehingga format buku induk juga mengikuti petunjuk penilaian terbaru. Sebagai gambaran model dan bentuk buku induk kurikulum 2013 SD bisa di cek dan unduh di – Download Buku Induk SD Kurikulum 2013

Formulir Peserta Didik Dapodik (FPD)

Formulir peserta didik atau dikenal degan FPD merupakan formulir untuk pengisian aplikasi dapodik. Jadi dalam formulir ini terdapat identitas siswa lengkap mulai dari nama, NIK, tempat tanggal lahir, jumlah saudara, tinggal Bersama siapa, ke sekolah naik apa, hingga jarak antara tempat tinggal dengan sekolah.

Selain itu di FPD juga terdapat identitas orang tua. Nama orang tua, tahun lahir, Pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan merupakan kolom yang memang harus diisi. Formulir ini nantinya akan diimput ke dalam aplikasi Dapodik. 

Selain formulir ini akan berpengaruh kepada keuangan bos dan pencairan PIP, formulir PD ini juga akan menjadi formulir peserta didik untuk mendapatka Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN. 

Formulir ini sering digunakan sebagai formulir daftar ulang siswa. Untuk mendapatkannya bisa diunduh di aplikasi dapodik setiap Lembaga Pendidikan. Biasanya formulir ini dalam bentuk pdf atau bisa juga dalam bentuk Excel. Namun tidak ada salahnya jika kami sajikan Formulir Peserta Didik. Silahkan langsung di unduh di – Downlad Formulir Peserta Didik FPD

Surat Pernyataan Daftar Ulang

Setiap siswa yang diterima di sekolah wajib melakukan daftar ulang. Beberapa formulir Daftar ulang disiapkan sekolah untuk diisi siswa ataupun wali murid. Biasanya formulir diminta untuk menggunakan formulr Dapodik.

Selain itu dalam proses daftar ulang juga diminta untuk menandatangani surat pernyataan. Surat pernyataan ini sejatinya kebijakan sekolah. Namun secara umum surat pernyataan dari wali peserta didik ini menjadi bukti bahwa siswa yang diterima siap untuk menjadi bagian dari sekolah. Tentunya siap mematuhi tata tertip sekolah, menjaga nama baik sekolah dan yang tidak kalah penting dalah kesiapan mengikuti program sekolah.

Selain beberapa keterangan diatas, mengingat saat ini tengah mengalami masa pandemi, maka surat pernyataan tersebut juga bisa ditambah. Seperti pernyataan akan melaksanakan protocol Kesehatan dan sebagainya. Untuk lebih detilnya surat pernyataan ini bisa unduh di – Download Contoh Surat Pernyataan Daftar Ulang

Demikian data dan berkas yang harus disiapkan sekolah dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru. Semua dokumen PPDB tersebut disesuaikan dengan kondisi sekolah dan pemerintah daerah setempat. Untuk dokumen lain tetap simak di Coretan Guru. Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Administrasi Sekolah Untuk PPDB SD, SMP, dan SMA"

Posting Komentar