MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, SMA/SMK

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 online akan menjadi solusi yang tepat disaat pandemi saat ini. Seperti yang diketahui, Pendidikan di Indonesia termasuk sector mendapat dampak yang cukup besar akibat wabah Covid19 yang menyerang di berbagai belahan dunia. Aktifitas di dunia Pendidikan pun terpaksa berlangsung jarak jauh atau secara online. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penularan Virus Corona.
Materi MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, SMA/SMK

Aktivitas Pendidikan secara online tidak hanya berlangsung di pembelajaran saja, akan tetapi penilaian dan beberapa kegiatan yang biasa dilakukan secara tatap akhirnya dilakukan secara online. Bahkan kemungkinan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk SD, SMP, SMA/SMK tahun pelajaran 2020/2021 dilakukan online.

Berdasarkan kalender Pendidikan tahun pelajaran 2020/2021, tahun ajaran baru akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Dengan kata lain, kegiatan yang melibatkan peserta didik akan segera di mulai. Termasuk diantaranya kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Walaupun dilaksanakan secara online, kegiatan MPLS harus berdasarkan standar yang sudah ditetapkan pemerintah. Seperti yang diketahui, pemerintah sudah menetapkan peraturan mengenai PLS melalui Permendikbud no 18 tahun 2016. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan tersebut terdapat beberapa poin penting terhadap pelaksanaan MPLS. Termasuk juga tujuan diselenggarakannya PLS di sekolah.

Dalam pelaksanaan MPLS tentunya harus sesuai dengan Juknis dan Silabus MPLS. Sehingga nantinya pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah lebih tertata dan tujuan dari MPLS itu sendri tercapai. Adapun untuk materi MPLS sendiri meliputi 3 pokok materi. Ketiga materi tersebut nantinya harus di kondisikan dengan materi kondisi pandemi seperti saat ini. Sehingga pelaksanaan MPLS pun masih bisa terlaksana walaupun masih berlangsung secara online. Sedangkan untuk materi mengenai MPLS sendiri diantaranya meliputi hal di bawah ini.

Materi MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online

1. Pengenalan dan Adaptasi Lingukungan

Pengenalan Lingkungan sekolah sebelumnya dikenal dengan Wawasan Wiyata Mandala. Pada pengenalan lingkungan ini, peserta didik akan dikenalkan pada lingkungan sekolah. Namun karena adanya wabah Covid19, pengenalan dan adaptasi sekolah bisa dibuat online dengan menggunakan media video atau foto.

Pengenalan lingkungan sekolah paling mudah dengan memanfaatkan media youtube. Dengan membuat video seputar sekolah, baik dari sarana, prasarana, hingga aturan-aturan yang terdapat dalam setiap ruangan di sekolah. Dengan begitu calon peserta didik diharapkan mengenal kondisi lingkungan sekolah walaupun masih melalui online.

2. Cara Belajar Efektif

Cara belajar efektif juga menjadi salah satu materi penting dalam MPLS. Peserta didik bisanya dijelaskan mengenai metode dan strategi yang akan dilakukan selama menjadi siswa di sekolah tersebut. Namun ditengah pandemi saat ini, materi Cara belajar efektif bisa digunakan sebagai sosialisasi cara belajar yang akan dilakukan selama pandemi dan tidak.

Baik peserta didik maupun orang tua harus sama-sama faham dengan metode pembelajaran yang akan diberlakukan di sekolah tersebut. Tidak hanya itu, media dan sarana belajar juga agar bisa disiapkan oleh orang tua. Seperti aplikasi pembelajaran, jaringan internet, dan sebagainya.

Dalam Acara belajar efektif ini juga terdapat materi motivasi belajar. Pandemi yang menutup ruang gerak anak kadang membuat motivasi belajar anak juga menurun. Tidak sedikit juga anak yang sudah terjerat kecanduan gadget. Oleh karena itu butuh strategi khusus untuk Kembali meningkatkan motivasi belajar anak.

3. Mengembangkan Perilaku Positif

Perilaku positif merupakan materi wajib yang sering diberikan pada saat MPLS. Perilaku positif ini termasuk diantaranya KI 1 dan KI 2 yaitu sikap dan nilai religius. Dengan kata lain, MPLS mempersiapkan Pendidikan karakter, mental keagamaan, kesadaran berbangsa dan bernegara hingga tatakrama yang harus diterapkan di sekolah, rumah, maupun di masyarakat.

Baca juga: 

Beberapa materi MPLS SD, SMP, SMA/SMK tersebut merupakan materi dasar yang biasanya di ajarkan semala PLS. Namun mengingat saat ini ada wabah covid19 yang memaksa beberapa aktivitas dilaksanakan tidak dalam satu tempat. Oleh karena itu, materi MPLS tersebut sebaiknya dikonversi dengan masa pandemi sehingga pelaksanaan PLS tetap terlaksana.

Adapun untuk media penyampaian atau alternatif sarana yang bisa dimanfaatkan diantaranya, Youtube, Video Converence seperti Zoom, WA, dan sebagainya.

Itulah Beberapa materi untuk MPLS yang bisa dilaksnakan melalui beberapa alternatif penyelenggaraan. Hal ini diharapkan agar pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS tahun 2020/2021 tetap terlaksana sesuai dengan juknis dan agenda Pendidikan yang seharusnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, SMA/SMK"

Posting Komentar