Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang Tepat Untuk Anak

Memilih sekolah menengah pertama (SMP) untuk anak membutuhkan pemikiran yang matang. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan orang tua. Tentunya hal itu dilakukan agar anak berkembang sesuai dengan yang diharapkan orang tua.

Seperti yang diketahui, usia SMP merupakan usia rawan. Hal ini dikarenakan usia SMP merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menjadi remaja. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memilih sekolah yang tepat. Tidak hanya sekolah yang memiliki kualitas dan program bagus, tetapi juga perlu diperhatikan beberapa sisi lain.
Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang Tepat Untuk Anak

Secara garis besar, ada tiga poin yang harus diperhatikan dalam menentukan sekolah yang tepat untuk anak. Dari ketiga unsur tersebut jabarkan lagi menjadi beberapa bagian penting yang diperhatikan dalam memilih sekolah untuk anak. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini:

Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) Untuk Anak


1. Pahami Kepribadian dan Karakter Anak
Dalam memilih sekolah SMP untuk anak, tentunya yang penting untuk dilakukan adalah memahami kepribadian dan karakter anak. Orang tua bisa melakukan ini dengan memperhatikan perkembangan Ketika bersekolah dasar atau SD. Jika kurang mendapatkan informasi tentang kepribadian dan karakter anak bisa melakukan konsultasi dengan guru di sekolah dasar.

Memahami kepribadian dan karakter anak akan sangat membantu dalam menentukan sekolah yang tepat untuk anak. Sebagai contoh, misalnya anak kita introvert, maka baiknya diambilkan sekolah yang aktif dan memiliki kegiatan ekstrakurikuler padat.

2. Memahami Bakat dan Minat Anak
Anak akan terus berkembang seiring bertambahnya usia. Salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan sekolah untuk anak adalah dengan memahami bakat dan minat anak. Dalam hal ini akan terdapat banyak manfaat yang diperoleh, diantaranya:
- bisa mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat
- anak menjadi lebih rajin sekolah
- Meningkatkan potensi anak
- Mengurangi kecenderungan stress karena sekolah
- Anak akan lebih senang bersekolah jika bakat dan minatnya dikembangkan di sekolahnya.

Akan tetapi tidak semua orang tua paham betul mengenai bakat dan minat anak. Ego dan ekspektasi yang tinggi terhadap anak kadang menutup mata hati orang tua untuk mengerti bakat anak.

3. Mengetahui Program Unggulan Sekolah
Banyaknya sekolah kerap menjadikan orang tua kesulitan menentukan sekolah menengah pertama (SMP) yang pas untuk anak. Setiap sekolah tentunya memiliki program unggulan yang belum tentu sama. Ada sekolah yang lebih unggul di kesenian, ada juga yang unggul di akademik.

Dengan mengetahui program unggulan sekolah, maka orang tua lebih mudah untuk mengarahkan putra-putrinya memilih sekolah yang sesuai dengan bakat dan minat anak-anaknya. Sehingga nantinya perkembangan anak-anak sesuai dengan bakat dan minatnya.

4. Mengetahui kegiatan ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di sekolah yang sangat penting dalam mengembangkan bakat dan minat anak. Usia SMP yang dikenal sebagai usia rawan dan labil tentunya membutuhkan langkah tepat dalam mengarahkan.

Kegiatan ekstrakurikuler sekolah merupakan langkah tepat dalam mengembangkan bakat dan minat. Ada banyak ekstrakurikuler yang sering dikembangkan di sekolah, mulai dari olahraga, seni, hingga sastra biasanya setiap sekolah menengah terdapat wadah tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan ekstra kurikuler yang disediakan sekolah. Apakah selama ini efektif atau hanya berjalan di awal.

5. Kelengkapan Sarana dan Prasarana
Kelengkapan Sarana dan Prasarana merupakan bagian terpenting dalam menunjang program sekolah. Baik kegiatan ekstrakurikuler, maupun intrakurikuler. Tidak sedikit program sekolah yang sudah bagus akhirnya terhenti dan tidak berjalan sebagaimana mestinya karena kurang lengkapnya sarana dan prasarana. Oleh karena itu sangat penting dalam memilih sekolah SMP untuk anak juga memperhatikan sarana dan prasarana skeolah.

6. Output atau lulusan SMP
Outpun peserta didik bisa menjadi acuran dalam memilih sekolah SMP untuk anak. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya:
- Persentase diterima di SMA tujuan
- Prestasi lulusan
- Karakteristik lulusan,

Masih banyak lain yang menjaid pertimbangan lulusan. Namun pada intinya untuk mengetahui sekolah melalui tingkatan kelulusan biasanya melalui 3 hal tersebut. Bagaimana persentase dan prestasi lulusan di SMA, dan yang tidak kalah penting adalah karakteristik lulusan.

7. Kenakalan remaja
Usia SMP merupakan masa transisi. Saat itu anak biasanya akan berusaha mencari jati dirinya. Tidak sedikit anak yang mudah terpengaruh. Nah salah satu yang patut menjadi pertimbangan adalah dengan mengetahui kadar kenakalan remaja. Langkah terbaik adalah mencari informasi dari lingkungan sekitar baik secara umum maupun dari alumni.

8. Jarak Sekolah
Sejatinya pemerintah sudah membuat aturan zonasi yaitu mengatur sekolah bagi calon peserta didik. Akan tetapi tahun pelajaran kali ini, persentase Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi semakin berkurang. Sehingga orang tua sedikit lebih leluasa menentukan sekolah yang tepat untuk anaknya.

Walaupun begitu, jarak sekolah juga harus dipertimbangkan. Ada banyak keutamaan memilih sekolah yang jaraknya dekat dengan rumah. Diantaranya:
- mengurangi  terlambat ke sekolah
- Mengurangi kemungkinan bolos sekolah
- Menghindari kemungkinan terburuk karena hujan, angin, dsb
- Aktivitas anak dengan teman dan lingkungan lebih terpantau
- Komunikasi dengan pihak sekolah lebih mudah, dan lain sebagainya

9. Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi merupakan poin yang tidak boleh ditinggalkan. Banyaknya kegiatan di sekolah terkadang cukup membuat orang tua merogoh kocek dalam dalam. Beberapa hal yang juga mempengaruhi menjadi pertimbangan di factor ekonomi selain kegiatan adalah:
- sekolah negeri dan swasta
- kebutuhan transportasi
- waktu sekolah, semakin lama di sekolah semakin banyak uang saku yang disediakan.

Itulah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah menengah pertama (SMP) untuk anak ataupun saudara. Selain 9 macam kriteria sekolah untuk anak tersebut tentunya jangan melupakan satu hal yang sangat penting dalam memilih sekolah yaitu meminta petunjuk Allah.

Meminta petunjuk pada Tuhan adalah langkah awal selain memperhatikan 9 poin di atas. Adapun cara meminta petunjuk bisa dilakukan melalui berdoa, tingkatkan ibadah, dan jangan lupa juga sholat istikharah. Langkah tersebut merupakan cara memilih sekolah untuk anak menurut Islam. Karena bagaimanapun juga hanya Tuhan-lah Yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk anak kita saat ini dan dimasa mendatang.

0 Response to "Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang Tepat Untuk Anak"

Posting Komentar