Cara Membuat Soal Online Google Form

Cara buat soal online dengan menggunakan google form merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan saat ini. Di tengah wabah Corona atau Covid19 yang melanda beberapa negara termasuk Indonesia menjadikan beberapa aktivitas harus dilakukan di rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus yang semakin merajalela.

Di dunia Pendidikan pun mendapat imbas dari adanya wabah ini. Kegiatan belajar mengajar berlangsung secara online atau daring. Termasuk juga kegiatan penilaian yang terpaksa harus berlangsung secara online. Untuk kegiatan penilaian, penilaian paling mudah menggunakan Google Form.

Cara Membuat Soal Online Google Form

Google Form merupakan salah satu dari sekian banyak fitur dari Google. Google form sendiri sering digunakan untuk membuat kuesioner, angket, formulir pendaftaran, lamaran kerja, hingga proses penilaian. Sebelum memahami cara membuat soal ujian di google form, mari pelajari kelebihan dari google form itu.

Daftar Isi

  1. Kelebihan Ujian Melalui Google Forms
  2. Cara Membuat Soal Ujian di Google Form
  3. Cara Membuat Soal Ujian Di Google Drive

Kelebihan Ujian Melalui Google Forms

Google form saat ini dianggap solusi terbaik di kala pandemic. Hal ini dikarenakan fitur dari google ini memiliki banyak kelebihan dan kemudahan baik bagi penyelenggara ujian atau guru juga untuk peserta ujian atau siswa. Untk lebih detilnya bisa disimak kelebihan google form berikut:
Kelebihan Penilaian Dengan Google Form

1. Mudah Penggunaan
Google form memberikan pelayanan formulir dengan sangat mudah. Guru akan mudah memahami proses pembuatan soal, pengiriman soal, hingga penilaian. Bahkan beberapa fitur lain dari google form akan sangat membantu guru dalam proses penilaian. Bagi siswa pun sangat mudah. Peserta ujian tinggal klik tautan yang diberikan guru kemudian mengisi soal. Pengisian bebas dilakukan dimana saja dengan perangkat apa saja, selama terhubung internet, bisa mengikuti proses penilaian.

2. Bisa Diakses lewat HP
Model penilaian dengan ini juga akan memberikan kemudahan untuk mengakses dengan perangkat apa saja. Peserta Ujian bisa mengikuti ujian melalui HP. Sehingga bisa dilakukan penilaian di mana saja sesuai mood peserta didik. Tidak hanya mengerjakannya, tetapi juga bisa menjadi cara membuat soal ujian dengan hp .

3. Model Soal Seperti Ujian
Google menyajikan model soal yang variative seperti halnya soal tes biasa. Beberapa model soal seperti pilihan, isian singkat dan uraian terdapat dalam fitur model soal di Google form. Tidak hanya itu, soal juga disajikan dalam beberapa model seperti soal cerita hingga menyisipkan gambar. Bahkan guru juga bisa menyisipkan video sebagai bahan soal.

4. Nilai dan koreksi Langsung Terlihat
Peserta ujian tidak perlu menunggu hasil koreksi guru karena dalam Google form penilaian bisa langsung terlihat. Setelah peserta ujian memilih mengirim jawaban, maka nilai akan langsung tampak. TIdak hanya itu, jawaban yang salah jika bisa langsung dinalisis dan diketahui oleh peserta ujian. Sehingga penilaian online dengan google form ini lebih terbuka.

5. Analisis Nilai
Guru tidak sekedar akan mendapat jawaban dan nilai dari peserta ujian. Akan tetapi juga mendapatkan analisis jawaban peserta didik. Seperti yang diketahui, analisis merupakan langkah penting yang harus dilakukan guru dalam proses penilaian. Dengan adanya analisis guru bisa mengetahui sejauh mana perkembangan peserta didik dalam proses belajar mengajar yang dilakukan selama ini.

6. Gratis
Penilaian melalui google form tidak dipungut biaya alias gratis. Baik pengguna sebagai pembuat soal atau guru ataupun peserta ujian. Dengan menggunakan fitur form Google FOrm ini, semua pihak bebas mengakses proeses penilaian yang disediakan guru.


Cara Membuat Soal Ujian di Google Form

Cara membuat soal Ujian Online di Google Form sangatlah mudah. Seperti yang disampaikan di atas, kelebihan dari Google form ini salah satunya adalah banyak kemudahan. Tidak hanya mudah di akses oleh peserta ujian, tetapi juga mudah dibuat. Adapun cara buatnya bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tutorial Membuat Soal Online dengan Google Form

1. Masuk Google Forms
Sebagai salah satu fitur google, maka syarat mutlak untuk membuat soal ujian di google fomrs adlaah harus memiliki akun google atau gmail. Apabila memiliki akun gmail, maka kita cukup masuk ke google Form atau dengan klik tautan http://doc.google.com/forms. Untuk bisa mengakses tautan tersebut menggunakan akun google mail atau gmail.
Cara Membuat Soal Online Google Form

2. Template Pendidikan
Setelah berhasil masuk ke halaman google drive, silahkan pilih template seusai dengan kebutuhan dengan cara klik “Galeri Template”. Kemudian carilah template Pendidikan dan pilihlah template sesuai dengan keinginan.

3. Menulis Soal
Setelah mengganti template, langkah berikutnya adalah menulis soal. Bagi yang baru masuk ke laman ini, biasanya akan disajukan mentoring dengan muncul pilihan melayang. Silahkan pilih ikuti tur jika ingin tutorial dari google form. Jika sudah paham bisa langsung di skip atau lewati.
Cara Membuat Soal Ujian Online

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat soal diantaranya, untuk kolom awal biasanya berisi pertanyaan nama, dan identitas peserta ujian. Berikutnya baru masuk ke soal tes. Dalam Menyusun soal akan disajikan apakah soal tersebut berbentuk pilihan, isian singkat, atau uraian. Jika soal berupa pilihan, maka berilah masukkan kunci jawaban dan skor. Sehingga nanti nilai ujian akan langsung muncul. Sedangkan untuk menambah soal silahkan klik tambah (+) di sisi kanan soal. Beberapa pilihan lain sudah lengkap di pilihan di sisi kanan soal atau tepatnya di bawah tambah soal.

4. Kirim Soal
Sebelum kirim soal, sebaiknya aturlah mode masuk soal di pengaturan atau setting. Untuk masuk ke pengaturan silahkan pilih tanda atau gambar ger atau roda bergigi di pojok atas. Setelah di atur, maka kirimlah soal. Dalam pilihan mengisim soal nanti akan disajikan pilihan apakah soal tersebut akan di kirim via email atau copy link untuk disebar selain email seperti WA, FB, dan sebagainya.

Cara Membuat Soal Ujian Di Google Drive

Cara membuat soal ujian sekolah PAT online dengan google drive sebenarnya sama dengan langkah-langkah di atas. Yang membedakan adalah cara masuk ke google form melalui laman google drive. Adapun cara membuat soal melalui Google drive bisa mengikuti langkah di bawah ini.
Cara Membuat Soal Ujian Online Google Drive

1. Masuk ke google drive
2. pilih baru (menu tambahan besar di sisi kiri)
3. pilih lainnya
4. pilih google formulir
5. Lakukan seperti langkah Membuat Soal di Google Form di atas.
Itulah langkah dan cara buat soal ujian online melalui google form dan google drive. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Soal Online Google Form"

Posting Komentar