Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pendidikan Agama Islam PAI BP SD/MI Lengkap

Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar atau yang dikenal KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti PAI-BP Untuk sekolah dasar SD/MI sudah tercantum jelas di lampiran Permendikbud No 24 tahun 2016. Dalam Permendikbud tersebut terdapat beberapa KI dan KD Pendidikan Agama mulai dari SD sampai SMA.

Pada Lampiran Permendikbud no 24 tahun 2016 terdapat Kompetensin inti dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran Agama skeolah dasar. KI dan KD PAI dan  BP inilah yang akan disampaikan guru mata pelajaran Agama Islam disekolah kepada peserta didiknya.
KI dan KD Pendidikan AGama Islam SD Coretan guru

Dalam KI dan KD  PAI SD ini sudah dibagi menjadi 4 Ki yakni KI 1 Spiritual, KI 2 Nilai Sikap, KI 3 Pengetahuan, dan KI 4 Keterampilan. Setiap KI dijelaskan beberapa kompetensi dasarnya. Seperti halnya untuk kelas 2 Sekolah Dasar KI 1 atau yang disebut spiritual berbunyi menerima dan memenjalankan ajaran agama yang dianutnya. Dalam KI 1 ini untuk mapel PAI terdapat 15 kopetensi dasar yang harus disampaikan. Begitu juga dengan KI 2 yang merupakan nilai sikap.
BACA JUGA: Download Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 6 Revisi 2018 Terbaru

Untuk KI 1 dan KI 2 ini juga termasuk penilaian penting dalam proses belajar mengajar. Nilai KI 1 dan Ki 2 juga disampaikan kepada wali murid di akhir proses pembelajaran. Biasanya dalam buku raport (laporan setiap semester) KI 1 dan KI 2 terdapat dibagian atas. Biasanya proses pelaporannya berupa diskripsi mengetani kegiatan spiritual dan sikap siswa selama di sekolah.

Untuk KI 3 merupakan Kompetensi pengetahuan sedangkan KI 4 merupakan kompetensi keterampilan. DUa kompetensi ini biasanya disampaikan jelas dalam pembelajaran. KI 3 meliputi kompetensi dasar siswa dalam memahami materi mengenai Agama yang dianutnya. Pada KI 3 ini setiap kelas memiliki tingkatan materi yang berbeda. Begitu juga dengan KI 4 yang merupakan nilai keterampilan. Pada KI 4 ini peserta didik diminta untuk mampu mempraktikkan apa yang dipelajarinya. Seperti menghafal Al Quran, Menulis, Tata cara sholat, Berwudlu, dan sebagainya.

Semua KI dan KD Pelajaran PAI untuk SD berdasarkan Permendikbud no 24 tahun 2016 ini bisa diunduh di bawah ini.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD/MI

Download KI dan KD PAI kelas 1 SD/MI - (Klik Disini)
Download KI dan KD PAI kelas 2 SD/MI - (Klik Disini)
Download KI dan KD PAI kelas 4 SD/MI - (Klik Disini)
Download KI dan KD PAI kelas 5 SD/MI - (Klik Disini)

Itulah link download SIlabus PAI Pendidikan AGama Islam SD/MI berdasarkan permendikbud no 24 tahun 2016. Silabus atau KI dan KD ini nantinya akan dijadikan acuan untuk membuat promis dan program rencana pembelajaran. Semoga ebrmnfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pendidikan Agama Islam PAI BP SD/MI Lengkap"

Posting Komentar