Soal US Pendidikan Agama Islam PAI Kelas 6 SD Tahun 2018

Soal Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD tahun 2018 merupakan salah satu mata pelajaran yang bakal diujikan pada Ujian Sekolah/Madrasah dalamw aktu dekat ini. Sangat penting bagi peserta didik untuk melatih dan belajar serta mempersiapkan diri dengan cara memperbanyak mengerjakan soal.

Soal US Pendidikan Agama Islam ini terdiri dari beberapa materi yang sudah diajarkan dari bangku kelas 4 hingga kelas 6. Oleh karena itu para calon peserta ujian sekolah/madrasah US/M yang tenagh duduk di bangku kelas 6 kembali mengingat materi yang sudah pernah dipelajari. Sehingga nantinya ketika pelaksanaan penilaian sudah siap dan mampu mengerjakan soal us SD kelas 6. Tentunya diharapkan akan mendapat nilai yang diinginkan.
coretan guru

Untuk materi soal US PAI ini tidak jauh beda dengan soal-soal US SD 2018 lain yang sudah kami shared. Yakni mencakup beberapa materi inti dan materi pengembangan. Salah satu materi inti dalam pelajaran agama adalah membaca dan menulis Al Quran. Hampir setiap tahun soal-soal tentang menulis Al Quran ini keluar. Biasanya soal yang keluar berupa potongan ayat kemudian peserta ujian diminta melanjutkan.
BACA JUGA: Soal US/M IPS Kelas 6 SD 2018 Terbaru

Selain itu juga soal mengenai Al Quran ini juga tentang tata cara dan hukum bacaan membaca Al Quran. Beberapa contoh soal tentang hukum bacaan, misalnya disajikan potongan ayat kemudian siswa menentukan hukum bacaan tersebut. Apakah masuk Idhar, Idgham, atau bahkan Mad dan sebagainya. Begitu juga sebaliknya, biasanya juga disajikan soal tentang hukum bacaan, siswa menentukan potongan ayat yang sesuai dengan hukum bacaan ayat tersebut.

Materi lain dalam Soal US SD 2018 pelajaran Agama Islam adalah tentang Aqidah. Materi ini bisa meliputi sifat-sifat Allah, Nama-nama Allah atau ASmaul Husna dan sebagainya. Termasuk juga rukun iman yakni tentang Malaikat, Nabi, kitab suci, Qada' dan Qadar, hingga hari akhir.

Soal lain tentang Agama juga biasanya tentang tata krama atau  sopan santun, budi pekerti, atau etika dalam beragama. Soal-soal ini sangat sering keluar dan biasanya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun contoh soal tentang tingkah laku yang sebagai umat bergama bisa disimak di bawah ini.

Contoh Soal US Agama kelas 6 SD tentang etika sebagai umat beragama
1. Perhatikan pernyataan berikut!
A. Mengucapkan salam pada bapak/Ibu guru dan teman
B. Memafkan kesalahan teman
C. Membersihkan rumah setiap hari\
D. Menyeberangkan orang tua di jalan
Pernyataan tersebut yang merupakan perilaku santun adalah … .

2. Anton seornag juara kelas, namun dia tetap mampu menunjukkan sikap yang ramah dan mau bekerja sama dengan setiap teman di kelasnya. Hal ini merupakan cerminan dari sikap … .

3. Perhatikan contoh perilaku terpuji berikut!
1. Nisa membersihkan rumah setiap hari
2. Bagas memafkan kesalahan teman
3. Amir mengembalikan uang teman kepada pemiliknya
4. Rahma membantu orang tanpa pamrih
Contoh perilaku jujur ditunjukkan nomor … .

4. Perhatikan petikan kisah berikut!
Siswa ini mengabaikan peraturan dan tata tertib sekolah, siswa itu berpakaian tidak sesuai seragam, datang tidak tepat waktu, serta tidak ebrtanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru. Akibat dari perilaku tersebut adalah … .

Soal Agama SD di atas adalah sebagian contoh dari soal agama yang sering keluar. Soal-soal tersebut sangat luas dan membutuhkan pemahaman dan analisa dari pesrta didik. Karena soal-soal yang disajikan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Tentunya soal tersebut termasuk soal HOTS. Adapun untuk soal lain bisa didownload di bawah ini.

Download Soal US Agama Kelas 6 SD Tahun 2018 

Soal US/M Pendidikan Agama Islam SD kelas 6 tahun 2018 - DOWNLOAD

Itulah link untuk download contoh soal latihan US/M kelas 6. Adapun cara downloadnya sangatlah mudah. Cukup klik tulisan Download kemudian akan di arahkan pada penyimpanan google drive. Kemudian tinggal pilih apakah soal tersebut langsung dibaca, disimpan di komputer atau di HP, atau bisa juga langsung di print. Mudah bukan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal US Pendidikan Agama Islam PAI Kelas 6 SD Tahun 2018 "

Posting Komentar