Cara Mudah Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Cepat

Cara verifikasi akun dapodik 2021 dengan mudah dan cepat bisa menjadi langkah tepat yang bisa diambil operator sekolah dalam mengerjakan aplikasi dapodik yang sudah lahir beberapa waktu lalu. Langkah-langkah ini tidak hanya sebagai langkah awal mengerjakan dapodik, tetapi juga trik agar mengerjakan dapodik dengan cepat.

Seperti yang diketahui, Dapodik merupakan data pokok Pendidikan yang berisi semuda data Pendidikan dalam satuan Pendidikan. Yang dimaksud data pokok Pendidikan seperti data siswa, data PTK, sarana dan prasarana, dan data sekolah.

Oleh karena itu, pengerjaan dapodik membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Karena selain harus mengisi dan update data dengan benar, juga harus memastikan data yang diiput benar-benar valid. Sehingga nantinya akan berpengaruh pada dana bos, sertifikasi guru, dan lainnya.

Adapun proses pengisian dapodik versi 2021 diawali dengan verifikasi akun. Verifikasi akun ini dilakukan setelah melakukan instalasi dapodik 2021. Syarat utama yang harus dilakukan dalam melakukan verifikasi akun adalah dengan menyiapkan akun email aktif. Hal ini dibutuhkan karena nantinya kode verifikasi akan dikirim melalui email. Untuk lebih jelasnya bisa langsung disimak di bawah ini.

Cara Mudah Verifikasi Akun Operator Dapodik 2021

Cara Verifikasi Akun Dapodik Dengan SSO atau sp.datadik

Cara verifikasi akun dapodik melalui sp.datadik.kemdikbud merupakan salah satu cara verifikasi dapodik versi 2021. Website sp.datandik sendiri merupakan bagian dari SSO yang merupakan website untuk verifikasi data dapodik. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung disimak di bawah ini.
Cara Mudah Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Cepat

1. Masuk ke akun sp.datandik.kemdikbud
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk verifikasi melalui akun sp.datadik.kemdikbud adalah dengan masuk ke web tersebut yakni sp.datadik.kemdikbud.go.id. Kemudian yang masuklah dengan menggunakan akun email. Sangat penting masalah email ini, karena email yang digunakan haruslah menggunakan email aktif. Selain itu diharapkan menggunakan email sekolah bukan email personal atau email pribadi.

2. Verifikasi Akun
Langkah selanjutnya apabila sudah masuk ke akun SSO atau sp.datadik adalah dengan verifikasi akun. Caranyanya adalah pilihlah menu daftar akun, kemudian verifikasi akun.

3. Verifikai Email
Setelah melakukan verifikasi akun, maka akan ada email verifikasi yang akan terkirim pada email yang sudah dimasukkan pada saat verifikasi. Inilah mengapa sekolah harus menggunakan email aktif, bukan sembarang email.

4. Lanjutkan
Langkah terakhir adalah dengan memilih option lanjutkan. Apabila sudah memilih lanjutkan, maka akun dapodik otomatis sudah terverifikasi.

Cara Verifikasi Akun Dapodik Dengan Manajemen Sekolah

Selain menggunakan sp.datadik.kemdikbud, cara verifikasi akun dapodik bisa menggunakan manajemen sekolah. Sebenarnya muaranya tetap sama yakni SS), namun yang berbeda dengan langkah di atas adalah, pada cara ini masuknya menggunakan dapo.dikdasmen.kemdikbud. Biar tidak bingung, bisa langsung disimak di bawah ini.

1.  Bukalah manajemen dapodik melalui aplikasi dapodik atau bisa langsung masuk di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
Cara Mudah Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Cepat

2. Di halaman manajemen sekolah biasanya terdapat pengumuman mengenai batas akhir verifikasi. Selain itu juga terdapat 3 tautan verifikasi. Silahkan pilih sp.datadik atau bisa juga masuk melalui login terus pilih SSO.
3. Langkah berikutnya tidak jauh beda dengan verifikasi pada cara pertama. Yakni dengan memasukkan email aktif.
4. setelah emasukkan email, tinggal tunggu email verifikasi. Agar bisa cepat dan lancer diusahakan melakukan verifikasi pada jam jam tidur atau saat operator lain

Itulah cara untuk aktivasi akun dapodik 2021. Sekali lagi proses verifikasi akun operator dapodik akan lebih lancer apabila dikerjakan pada saat ops lain sedang sibuk dengan kegiatan lain. Bisa dilakukan dsaat jam malam, bisa juga saat subuh atau sore. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Cepat"

Posting Komentar