Materi PJOK Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Semester 2 Lengkap Revisi Terbaru

Materi Pendidikan Jasmani dan Olahraga kelas 6 SD Kurikulum 2013 semester 2 akan kami sajikan secara rinci di halaman ini. Postingan kali ini diharapkan bisa menjadi sumber belaljar bagi peserta didik. Sedangkan untuk materi yang kami sajikan sudah berdasarkan permendikbud terbaru tentang KI dan KD pelajaran PJOK.
Materi PJOK Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Semester 2 Lengkap Revisi Terbaru

Berdasarkan Permendikbud no 37 tahun 2018 tentang KI dan KD SD, SMP, dan SMA materi Olahraga kelas 6 SD Semester 2 dibagi menjadi 4 Kompetensi Inti yang meliputi Kompetensi tentang Gerak Dominan Senam, Gerak berirama, Keterampilan Renang, dan Kebersihan organ. Untuk lebih lengkap mengenai Kompetensi Pendidikan Jasmani Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi bisa disimak di bawah ini.

tabel KI dan KD Materi PJOK kelas 6

Berdasarkan tabel di atas, maka untuk pelajaran PJOK di bagi menjadi 4 materi utama atau bab. Setiap Bab akan dirinci menjadi beberapa subbab sesuai dengan muatan pada kompetensi tersebut. Untuk lebih detil bisa disimak bisa disimak Daftar Isi di bawah ini.

DAFTAR ISI
  1. Rangkaian Pola Gerak Dominan Senam
  2. Rangkaian Gerak Berirama
  3. Keterampilan Renang Gaya Dada dan Dasar Penyelamatan Diri
  4. Pemeliharaan Kebersihan Alat

Rangkaian Pola Gerak Dominan Senam

Berdasarkan KI 3 dan KI4 tabel di atas terbagi menjadi dua KI yakni KI3 dan KI 4. Untuk materi KI 3 yakni Memahami Pola Gerak Dominan Senam . Sedangkan untuk KI4 adalah mempraktikkan pola dominan senam. Adapun pada materi kali ini hanya terdiri pada dua subbab yakni:
senam lantai materi kelas 6 SD

A. Memahami Pola Gerak Dominan Senam
Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Untuk itu dalam senam membutuhkan kekuatan, kecepatan, keseimbangan, keserasian, dan keindahan Gerakan. Tentunya hal ini bertujuan untuk menyehatkan badan. Senam sendiri ada banyak macamnya salah satunya adalah senam lantai. Senam lantai nerupakan senam yang dilakukan di lantai. Pola gerak senam lantai diantaranya adalah: Bertumpu, Bergantung, keseimbangan, Berpindah (lokomotor), Tolakan, Putaran, Mendarat, Ayunan, Melayang.

B. Rangkaian Pola Gerak Dominan Senam
Rangkaian pola gerak senam merupakan rangkaian 3 pola minimal yang diperagakan dalam senam. Ketiga pola tersebut diantaranya:
- Rangkaian Gerak Menolak, Melayang, dan mendarat
- Rangkaian Gerak Lokomotor, Bertumpu, dan Berputar
- Rangkaian Gerak Tolakan, Bergantung, dan Berayun

Ketiga rangkaian tersebut merupakan materi KI4 atau praktik yang harus diajarkan kepada peserta didik.

Rangkaian Gerak Berirama

Materi Penjas kelas 6 semester 2 berikutnya adalah tentang rangkaian gerak berirama. Materi ini Merupakan KD 3.7 dan 4.7 dalam KI dan KD Permendikbud tahun 2018. Dalam materi ini dibedakan menjadi 3 subbab yakni Mengenal Gerak Irama, Variasi dan Kombinasi, Latihan Variasi dan Kombinasi.
materi PJOK SD Kelas 6 gerak berirama

A. Mengenal Gerak Berirama
Gerak berirama merupakan Gerakan olah tubuh yang dilakukan dengan iringan irama atau bisa juga menggunakan ketukan. Gerak berirama ini terdiri dari dua unsur Gerakan yakni gerak langkah kaki dan ayunan lengan. Saat ini Gerak Berirama mulai banyak dilakukan di kantor (biasanya setiap jumat pagi), sekolah, dan beberapa sanggar senam. Gerak berirama ini merupakan olahraga yang cukup digemari. Hal ini dikarenakan setiap gerakannya diiringi irama. Selain itu masih banyak manfaat lain gerak berirama seperti:
- Membakar lemak
- Menguatkan jantung
- Memperbaiki bentuk otot tubuh
- Menguatkn otot, dan sebagainya

B. Variasi dan Kombinasi Gerak Langkah dan Ayunan Lengan
Pada variasi dan kombinasi gerak berirama dibagi dulu menjadi dua sub yakni gerak kaki dan gerak ayunan lengan. Gerak kaki seperti gerak kaki biasa, kaki rapat, keseimbangan, langkah depan, dan lain sebagainya. Sedangkan gerak ayunan terdiri dari ayunan ke atas, ayunan ke depan, dan sebagainya.

Untuk kombinasi terdiri dari kombinasi gerak ke depan sambil mengayunkan tangan ke samping, kombinasi gerak ke samping sambil mengayunkan lengan ke atas, dan lain sebagainya.

C. Latihan Variasi dan Kombinasi Gerak Langkah dan Ayunan Lengan
Latihan kombinasi dan variasi ini bisa dilakukan dan dicoba sendiri di rumah masing-masing. Seperti gerakan-gerakan variasi dan kombinasi di atas.

Keterampilan Renang Gaya Dada dan Dasar Penyelamatan Diri

Materi PJOK kelas 6 SD Semester 2 berikutnya adalah renang gaya dada dan dasar penyelamatan diri. Materi ini merupakan materi yang cukup penting, tidak hanya sebagai bahan belajar tetapi juga sebagai salah satu bentuk kecakapan hidup yang harus dipelajari guna menjaga keselamatan kelak di masa mendatang.

A. Keterampilan Renang gaya Dada
Renang merupakan salah satu cabang olahraga air yang sangat digemari akhir-akhir ini. Renang sendiri merupakan olahraga yang dilombakan baik tingkat kecamatan, OSN, hingga seagames dan Olimpiade. Ada 4 gaya renang yang perlu diketahui yaitu:
- Gaya dada
- Gaya bebas
- Gaya kupu-kupu
- Gaya punggung.
Senam Gaya dada

Pada materi kali ini kita akan membahas renang gaya dada. Renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling mudah untuk dipelajari. Seperti hanya gaya renang lainnya ada beberapa keterampilan yang harus dipelajari yakni:
- Keterampilan gerak kaki
- Keterampilan gerak tangan
- Keterampilan pernafasan
- Posisi tubuh
- Gerakan koordinasi

Semua keterampilan di atas  akan dipadukan dalam gerak dalam renang renang. Dengan kata lain, kelima keterampilan tersebut harus dikuasi dan dilakukan dalam melakukan gerak renang gaya dada.

B. Dasar-dasar penyematan diri
Renang merupakan aktivitas dan olahraga yang menyenangkan. Kendati begitu renang juga terdapat resiko-resiko yang sering terjadi, seperti kecelakaan air dan beberapa bahaya di air lainnya. Beberapa penyebab bahaya air diantaranya: panik, gugup, sulit bernapas, kram otot, dan sebagainya.
Untuk menghindari bahaya dia air maka diperlukan ketenangan dan kemampuan mengendalikan diri dalam air. Selain itu butuh keterampilan dan memahami gerakan dasar dalam air. Berikut gerak dasar dalam air yang harus dilakukan agar bisa tetap mengapung dan terhindar dari bahaya di air diantaranya gerak kaki, gerakan tangan, dan posisi tubuh.

Pemeliharaan Kebersihan Alat

Menjaga kebersihan merupakan hal yang harus dilakukan. Kebersihan pangkal dari kesehatan. Termasuk juga kebersihan alat. Seperti yang diketahui, yang dimaksud bersih adlaah terbebas dari kotoran, kuman, dan bakteri yang merugikan. Oleh karena itu menjaga kebersihan alat sangatlah penting. Mengapa? Yuk simak alasan mengapa kita  harus menjaganya.
- Merupakan organ yang rentan dan sensitif
- Mencegah bau tak sedap
- Tempatnya lembab, dan sebagainya.

Adapun cara menjaga kebersihan alat :
- Mandi minimal 2 kali
- Mencuci dan membersihkan setelah buang air
- Mengganti pakaian
- Rajin cuci tangan

0 Response to "Materi PJOK Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Semester 2 Lengkap Revisi Terbaru"

Posting Komentar