Kumpulan Tugas Siswa SD di Rumah Efektif Fakultatif Ramadhan 2021

Kumpulan Tugas dan Kegiatan Siswa SD di Bulan Ramadhan Saat Covid19 bisa menjadi solusi disaat wabah seperti yang dialami saat ini. kegiatan-kegiatan berikut hanyalah contoh yang bisa diadopsi untuk kegiatan di sekolah lain.
Tugas Efektif Fakultatif belajar di rumah

Indonesia sejatinya sudah melakukan belajar di rumah sejak pertengahan Maret lalu. Beberapa kegiatan pembelajaran dan efektif fakultatif dilakukan di rumah siswa. Namun memasuki bulan suci Ramadhan ini, kegiatan belajar di rumah hendaknya diisi kegiatan efektif fakultatif seperti pada saat bulan Ramadhan sebelumnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah diantaranya adalah:

Daftar Kegiatan Efektif Fakultatif Ramadhan Di Rumah
  1. Agenda Ibadah
  2. Agenda Anak Sholeh
  3. Tadarus dan Tahfidz
  4. Prakarya
  5. Literasi


Agenda Ibadah

Agenda ibadah pada saat bulan suci Ramadhan merupakan tugas yang sering diberikan kepada peserta didik pada bulan Ramadhan. Biasanya berupa laporan kegiatan harian yang dilakukan peserta didik. Agenda ibadah ini diketahui oleh orang tua. Sehingga pelaksanaan pemantauan dan pelatihan beribadah selama bulan Ramadhan langsung diketahui oleh orang tua. Tujuan kegiatan ini tak lain adalah melatih peserta didik beribadah selama bulan suci Ramadhan. Sedangkan untuk penilaian akan masuk dalam kategori KI1.

Beberapa kegiatan siswa yang dilaporkan biasanya Sholat Tarawih, Sholat lima waktu, sholat berjemaah, dan kegiatan lain. Untuk format agenda pada bulan Ramadhan biasanya berupa kertas yang terdapat kolom-kolom tanggal, hari, kegiatan, paraf orang tua, dan paraf guru.

Adapun penugasan agenda ini saat ini kurang efektif. Pasalnya beberapa daerah sudah melakukan kegiatan sholat dan ibadah di rumah masing-masing. Namun bukan tidak mungkin kegiatan ini masih bisa dilakukan dengan format yang berbeda.

Agenda Anak Sholeh

Agenda anak sholeh adalah pengembangan dari agenda Ibadah. Jika agenda ibadah masuk dalam KI1 dan keterampilan beragama, maka Agenda anak sholeh adalah KI2 yang merupakan Pendidikan karakter.

Format kegiatan ini tidak jauh beda dengan agenda ibadah. Namun kegiatan yang dimasukkan adalah kegiatan social dan karakter anak di rumah. Seperti disiplin, sopan santun, membantu orang tua, dan sebagainya.

Tadarus dan Tahfidz

Seperti halnya agenda ibadah, kegiatan ini paling pas saat belajar di rumah. Peserta didik akan diberikan tugas mengaji dan menghafal Al Quran (Tahfidz). Format pelaporan untuk kegiatan ini beraneka ragam. Bisa menggunakan lembaran agenda kegiatan seperti poin pertama dan kedua, atau bisa juga wali peserta didik mengirim video mengenai kegiatan tadarus dan tahfidz di rumah.

Kegiatan ini sangat baik dan banyak digunakan. Namun untuk tolak ukur setiap anak tidaklah sama. Karena setiap anak memiliki daya ingat dan hafalan yang berbeda.

Prakarya

Sebenarnya ini merupakan kegiatan yang rutin terdapat dalam tematik. Prakarya haruslah berhubungan dengan materi yang diajarkan siswa. Namun dengan kondisi saat ini, maka prakarya bisa dikembangkan lagi. Kegiatan efektif fakutatif saat Covid 19 atau wabah Corona ini bisa beraneka ragam.

Beberapa kegiatan prakarya yang berhubungan dengan Wabah Corona diantaranya:
- Membuat hand sanitizer dengan bahan alami (untuk kelas 4,5 dan 6)
- membuat masker (untuk kelas 4,5 dan 6)
- membuat poster pecegahan Corona (bisa semua kelas)
- Mewarnai poster pencegahan corona (kelas 1,2, dan 3)
- membuat Vlog (video) tentang sosialisasi pencegahan corona (semua kelas)

Literasi

Kegiatan literasi merupakan kegiatan yang paling bisa dilakukan di rumah pada saat Pandemi Corona seperti saat ini. Beberapa kegiatan literasi yang bisa dilakukan seperti:
- membuat puisi tentang Ramadhan atau Corona
- Membaca puisi
- membuat cerita tentang Ramadhan atau virus Corona
- Membuat poster Ramadhan atau Corona, dan beberapa kegiatan lainnya.

Itulah beberapa kegiatan atau tugas siswa yang bisa diadopsi untuk kegiatan di rumah pada saat puasa dan pandemi Corona seperti saat ini. Semua tugas tersebut membutuhkan kerja sama yang baik antara peserta didik, orang tua, serta guru kelas. Tugas-tugas tersebut juga bisa diubah sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Tugas Siswa SD di Rumah Efektif Fakultatif Ramadhan 2021"

Posting Komentar