Soal Olimpiade MIPA SD 2018 Terbaru 100 Soal Pilihan Ganda

Soal olimpide MIPA SD 2018 terbaru merupakan soal-soal terbaik dengan kualitas soal yang cukup tinggi. Sangat cocok dicoba bagi siswa yang akan mengikuti olipiade MIPA SD baik tingkat kecamatan hingga provinsin sekalipun. Karena level kognitif yang disajikan tentunya tidak jauh beda dengan soal-soal ketika kompetisi nantinya.

Adapun soal Olimpiade Matematika IPA atau yang dukenal dengan Olimpiade MIPA ini merupakan olimpiade dengan materi terdiri dari matematika dan IPA. Biasanya setiap pelajaran memiliki persentase masing-masing misalnya Mateamtika 50% dan IPA 50%. Dan yang tidak kalah penting juga terdapat soal-soal dalam bahasa Inggris. Hal ini tentunya memaksa peserta loma ataupun olimpiade harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapi lomba-lomba tersebut.
coretan guru

Dari soal-soal yang kami sajikan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Karena memang level soalnya adalah penalaran dan aplikasi.  Bahkan untuk soal Matematika hampir semuanya merupakan soal cerita. Cuma beberapa soal mengenai geometri yang tidak menggunakan soal cerita.
BACA JUGA: Soal olimpiade OSN IPA Dan Pembahasan

Untuk soal Matematika terdapat soal-soal pengembangan dan penalaran. Seperti halnya soal nomor 1 yang merupakan aplikasi dan penalaran dari materi volum dan debit serta satuan isi. Dalam menyelesaikannya pun tidak langsung dengan sekali operasi. Namun harus minimal dua operasi yakni dicari volumenya, kemudian dicari tinggi bak.

Soal nomor 7 yang merupakan soal Olimpiade MIPA dengan Soal Bahasa Inggris. Sepintas soal itu agak susah karena siswa harus melewati dua pemahaman yakni memahami soal bahasa inggris dan menyelesaikan persoalan tersebut. Jika pemahaman soal bahasa Inggris mumpuni dan memiliki modal kemampuan dalam menyesaikan materi matematika maka soal-soal olimpiade MIPA tersebut masih bisa dilahap.

Hal serupa juga terjadi pada soal IPA. Pada soal Olimpiade IPA Matematika atau MIPA khusus untuk materi IPA memiliki level kognitif yang cukup tinggi. Tentunya yang bisa menyeesaikan soal-soal tersebut adalah para siswa yang sudah dilatih dan memang memiliki kemampuan akademik tinggi khususnya untuk materi pelajaran IPA.

Pada soal Olimpiade Mipa terbaru 2018 kali ini soal materi IPA dimulai dari nomor 51. Untuk materi awal ipa menyajikan mengenai struktur dan fungsi makhluk hidup. Seperti halnya pada nomor 51 yang merupakan soal mengenai hormon yang mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Sedangkan pada soal nomor 52 juga mengenai lingkup materi yang sama yaitu alat pernafasan pada ikan.

Seerti halnay soal pada Matematika, untuk soal IPA juga terdapat soal berbahasa Inggris. Seperti halnya pada soal nomor 55 yang merupakan tentang sistem pencernaan pada manusia. Pada soal tersebut disajikan gambar sistem pencernaan manusia. Kemudian diberikan soal berbahasa Inggris tentang sistem pencernaan pada manusia tersebut.

Tentunya selain beberapa contoh dan materi soal di atas masih banyak lagi contoh dan materi soal mengenai Matematika dan IPA. Soal-soal olipiade ini bisa di download di bawah ini dengan mudah.

Contoh Soal Olimpiade MIPA SD 2018 Terbaru 

Download Soal Olimpiade MIPA SD 2018 Terbaru - UNDUH
DOwnload juga : Soal Olimpiade IPA kelas 1,2 dan kelas 3 SD Terbaru 2019
Itulah contoh soal olimpiade MIPA SD terbaru. Bisa langsung diunduh dengan klik tulisan UNDUH di atas. Sangat mudah dan tidak akan kebingungan. Smeoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Olimpiade MIPA SD 2018 Terbaru 100 Soal Pilihan Ganda"

Posting Komentar