0
Pengalaman kali ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pendidikan. Namun jika berdasarkan pada "Pengalaman adalah Guru Terbaik" maka mungkin inilah yang diperoleh. Sebuah pelajaran penting yang menurut saya cukup menusuk sanubari untuk terus berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Tepat seminggu yang lalu saya sempat heran dengan web yang saya kelola. Web yang awalnya sehari mencapai ratusan justru turun drastis. Bahkan pernah tidak lebih 50 pengunjung sehari. Setelah di cek deindex, webnya masih keindex sama google. Cuma pada robots txt nya yang kena blok sehingga harus perbaiki html nya atau apalah namanya itu.

Perbaikan pun selesai, web tersebut tak lagi di blokir di laman pencarian google. Namun petaka baru menimpa. Ternyata pengunjung tak kunjung hadir menemui web saya. Berita tren dan keyword sudah disiapkan. Namun tetap tak bergeming. Hingga akhirnya saya coba cek Google Sandbox. hasilnya, ternyata web saya tersebut kena penalty.

Langsung saja saya buka Google terus mencari semua tentang penalty google sanbox. Intinya masih beruntung saja web tersebut belum di banned sama mbah Google. Hanya penalty saja. Saya juga langsung Googling cara mencebab dan cara mengatasinya. Kini semua masih proses, yah proses untuk kembali ke pangkuan mbah Google.

Satu hal yang perlu dijadikan pelajaran dari kejadian ini. Dalam membangun dan membina sesuatu kita harus instropeksi diri. Ketika kejadian seperti terkena penalty kemarin, maka langkah pertama adalah intropeksi dulu, kenapa bisa seperti itu. Iengat kembali coding kita, ingat lagi content kita, ingat lagi cara kita memperoh pengunjung. Dengan begitu maka dengan mudah kita mencari penyesesaian bahkan menjadikan web lebih baik dari sebelumnya.

Lagi, jangan lupa bertanya pada ahlinya. Ketika web kita kena penalty seperti yang saya alami maka segeralah bertanya pada ahlinya. Baru minta solusi bagaimana langkah selanjutnya. Begitu juga dengan hidup, Ketika mendapatkan permasalahan maka yang harus kita lakukan adalah dengan instropeksi diri kemudian mencari penyelesaian. Jangan malah menyalahkan orang lain. Akan sangat konyol jika web kita kena penalty tapi kita menyalahkan sopir truk. hahaha

Sekian dulu coretan iseng dari saya, semoga bermanfaat. bagi yang tidak tahu apa itu deindex,penalty google sanbox dan sebagainya silahkan googling dulu. Jika ada pertanyaan lebih lanjut  kirim pesan saja. Grazie

Posting Komentar Blogger

 
Top