Cara Mengatasi Guru dan Tendik Tidak Muncul di Dapodik Versi 2022

Cara Mengatasi Guru dan Tendik Tidak Muncul di Dapodik versi 2022 yang akan kami posting diharapkan bisa membantu teman Operator Sekolah jika mengalami masalah serupa.

Dapodik versi terbaru Kembali dirlis oleh Kemendikbud pada tanggal 19 Juli kemarin. Seperti biasa Data Pokok Pendidikan selaku data base Pendidikan selalu melakukan update versi setiap tahun dan updateinstaller setiap saat. Kali ini Dapodik versi 2022 dirilis untuk pendataan selama tahun pelajaran 2021/2022.

Cara Mengatasi Guru dan Tendik Tidak Muncul di Dapodik Versi 2022

Seperti biasa setiap melakukan update versi Dapodik selalu memunculkan pembaharuan. Pembaharuan ini tidak hanya meningkatkan kualitas keamanan, tetapi juga meningkatkan validasi data yang diinput. 

Dengan kata lain, update versi Dapodik memiliki banyak maksud yang diharapkan. Selain meningkatkan proteksi atau keamanan juga meningkatkan kualitas data. Sehingga nantinya data yang diinput bisa dipertanggung jawabkan dan tentunya memiliki kekuatan hukum.

Begitu juga dengan update Dapodik versi 2022 ini yang juga memiliki banyak pembaharuan. Setiap pembaharuan mungkin menyebabkan OPS kebingungan atau ada juga yang sudah biasa. Seperti halnya Ketika menghadapi Data Guru dan tendik tiba-tia hilang atau tidak muncul setelah di update.

Guru dan tendik tidak muncul atau hilang di menu GTK menjadi fenomena baru saat ini. Jika setelah instal Dapodik versi 2022 mengalami hal serupa jangan khawatir. Karena data guru dan tendik sejatinya tidak hilang. 

Ketika mengalami hal serupa OPS juga tidak perlu mengisi ulang dari awal. Hanya memerlukan beberapa Langkah untuk Kembali memunculkan data guru dan PTK yang hilang. Berikut Langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Guru Tidak Muncul atau Blank di Dapodik 2022

Halaman GTK tiba-tiba kosong dan tidak terisi data guru ataupun tendik adalah hal yang sering terjadi setelah install dapodik 2022. Sekali lagi jangan khawatir apabila mengalami hal serupa. Cukup lakukan hal di bawah ini.

1. Buka aplikasi Dapodik Versi 2022 di PC atau Laptop

2. Masuk atau Login dengan menggunakan password yang terbaru

3. Klik menu GTK setelah muncul pilihan submenu Guru dan Tendik, maka klik Guru

4. klik “tombol Salin Penugasan” di bawah tampilan data Guru

5. Nantinya akan muncul notifikasi atau pertanyaan apakah akan menyalin penugasan Tahun Ajaran 2020/2021. Jika menemukan hal tersebut Klik Ya

6. Berhasil data Guru sudah Kembali muncul.

Cara Mengatasi Tendik Tidak Muncul atau Blank di Dapodik 2022

Seperti halnya data guru yang kadang tidak muncul, data tendik juga kadang mengalami hal serupa. Padahal tendik adalah tenaga penting di sekolah. Pegawai yang tercatat sebagai tendik adalah kepala sekolah, TU, OPS yang tidak memiliki tugas mengajar, serta tukang kebun atau penjaga sekolah. 

Untuk mengatasi data tenaga kependidikan tidak muncul di menu Tendik pada Dapodik 2022 bisa mengikuti Langkah berikut. 

1. Buka aplikasi Dapodik Versi 2022 di PC atau Laptop

2. Masuk atau Login dengan menggunakan password yang terbaru

3. Klik menu GTK setelah muncul pilihan submenu Guru dan Tendik, maka klik tendik

4. klik “tombol Salin Penugasan” di bawah tampilan data Tendik

5. Nantinya akan muncul notifikasi atau pertanyaan apakah akan menyalin penugasan Tahun Ajaran 2020/2021. Jika menemukan hal tersebut Klik Ya

6. Berhasil data Tendik sudah Kembali muncul.

Itulah solusi dan cara mengatasi apabila data guru dan tendik tidak muncul atau hilang di submenu guru atau tendik. Apabila masih belum muncul tinggal refresh browser atau tekan lama F5. 

Jika mengalami jumlah guru atau tendik di beranda atau halaman depan Dapodik tidak muncul atau nol maka cukup refresh browser atau tekan F5 berkali-kali. Selamat mencoba semoga berhasil. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Guru dan Tendik Tidak Muncul di Dapodik Versi 2022"

Posting Komentar