Soal PAT Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru

Soal PAT Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 akan kami sajikan pada postingan kali ini. Soal-soal ini sudah menggunakan level soal AKM yang memiliki tingkat berfikir di atas soal biasa.

Kelas 5 merupakan kelas pengembangan yang hampir materi Matematikanya kelanjutan dari kelas 4. Kendati begitu, tingkat pemahaman tentu sangat dibutuhkan baik mengenai materi dan kemampuan menjawab soal.

Soal PAT Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru

Soal-soal ini kami sajikan berdasarkan kurikulum 2013 dengan KI dan KD terbaru. Sehingga boleh dibilang soal ini masih hangat dan sedikit variatif jika dibandingkan dengan soal matematika yang sudah di posting. 

Adapun mengenai soal kelas 5 Matematika ini hanya memuat dua materi pokok. Kedua materi tersebut adalah Bangun Ruang dan Statistika. 

Untuk materi bangun ruang sudah berdasarkan KD 3.4 dan 3.5 yang semua KD tersebut tentang bangun ruang Kubus dan Balok. Sedangkan untuk KD 3.6 adalah materi tentang pengumpulan data dan penyajian data.

Dari KD tersebut sudah bisa dibayangkan materi dan soal yang akan disajikan. Tentunya tidak akan melenceng dari 3 KD tersebut. 

Sedangkan untuk level soal, CoretanGuru mencoba menyajikan soal dengan level AKM. Yaitu soal dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan siswa kelas 5. Dalam soal ini sangat penting untuk memahami redaksi soal dan maksud dari soal yang disajikan. Berikut contoh soalnya.

Soal Latihan PAT / UKK Kelas 5 Matematika K13 Terbaru

10. Hari ini Beni Ulang Tahun. Edo akan membungkus kadonya yang berbentuk kubus dengan kertas mengkilap sebelum diberikan pada Beni. Potongan kertas yang akan dibentuk Edo sebelum membungkus kado tersebut adalah … . 

 

soal jaring-jaring kubus

11. Lani akan melapisi kotak berisi kumpulan mainannya selama di kelas 5. Bentuk kertas yang dipotong Lani seperti gambar di bawah ini. 

 

soal jaring-jaring balok

Dari gambar tersebut, maka kotak lani berbentuk … .

a. Kubus

b. Balok

c. Tabung

d. Limas


12. Menjelang Hari Raya, ayah akan mengecat tembok kamar Siti. Jika bagian sisi yang terdapat pintu tidak di cat, berapakah jumlah sisi kamar Siti yang akan di cat?

a. 2

b. 3

c. 4

d. 6


13. Beni mendapat kado dari Siti pada saat ulang tahunnya. Beni mendapatkan Kado berbentuk Balok, sedangkan Edo mendapatkan Kado berbentuk Kubus. Selain isi kado, Yang membedakan bentuk kado Beni dibandingkan Edo adalah … .

a. titik sudutnya ada 8

b. jumlah sisinya ada 6

c. banyak rusuknya ada 12

d. Salah satu sisinya berbentuk persegi Panjang


21. Dayu sedang melakukan pengamatan terkait jumlah siswa di sekolahnya. Dari pengamatan Dayu diperoleh data di bawah ini.

Kelas

Jumlah

1

22

2

25

3

28

4

26

5

23

6

20

Dari data yang diperoleh Dayu, kelas yang paling banyak siswanya adalah …

a. Kelas 2

b. Kelas 3

c. Kelas 5

d. Kelas 6

22. Siti akan memberikan hadiah kue kepada seluruh temannya di kelas 5. Untuk mengetahui jumlah siswa, Siti melihat papan data usia yang terdapat di kelas. Berikut tabel data yang dilihat Siti.

Umur

Jumlah Siswa

10

2

11

12

12

5

13

6

Dari tabel data tersebut, diketahui bahwa jumlah siswa kelas 5 adalah … .

a. 12

b. 20

c. 22

d. 25


Itulah contoh soal PAT Matematika kelas 5 SD Kurikulum 2013. Soal-soal tersebut hanyalah Sebagian dari contoh soal yang akan kami sajikan. Untuk soal Matematika Kelas 5 PDF lainnya bisa langsung diunduh di bawah ini.

Download Soal PAT Matematika Kelas 5 K13 – Unduh Disini

Demikian contoh soal beserta link downloadnya. Adapun sebagai bahan ajar, jangan lupa juga buka buku Matematika Kelas 5 revisi terbaru di bawah ini. Semoga Bermanfaat.

Buka Juga: Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 revisi

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Soal PAT Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru"