Kisi-kisi USBN SD Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

Kisi-kisi UN SD tahun 2019 atau yang saat ini bernama USBN SD Tahun 2019 resmi dirilis oleh BNSP. Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandart Nasional khusus Sekolah Dasar ini terdiri dari 3 pelajaran utama yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam Kisi-kisi Bahasa Indonesia pada USBN 2019 terdiri dari tiga level kognitif dan empat lingkup materi. Ketiga level kognitif diantaranya Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, dan penalaran. Perlu diketahui, dalam level pengetahuan, Peserta USBN harus mampu mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai materi yang disajikan. Oleh karena itu, sangat penting juga untuk banyak melakukan latihan mulai sekarang.

Kisi-kisi USBN SD Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019


Begitu juga dengan level Aplikasi dan penalaran. Dalam level aplikasi, Peserta didik kelas 6 harus bisa emnyimpulkan dan menggunakan konsep dalam sebuah masalah atau soal dalam materi. Sedangkan untuk level penalaran sedikit lebih rumit dibandingkan dengan dua level sebelumnya. Dalam konteks ini peserta akan diminta mengevaluasi, membandingkan, serta yang paling penting adalah menanggapi maslaah yang disajikan. Dengan kata lain, ketiga level soal tersebut adalah soal-soal HOTS.

Sedangkan untuk lingkup materi Bahasa Indonesia dipisahkan menjadi 4 lingkup pokok. Keempat lingkup tersebut adalah Membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, dan menyunting kata, frase, istilah, kalimat, ejaan, hingga tanda baca. Semua lingkup materi tersebut disajikan dalam level konitif peserta didik.

Hal yang sama juga terjadi pada Matematika dan IPA. Kedua materi tersebut juga memiliki level kogniti yang sama dengan bahasa Indonesia. Akan tetapi dalam pembahsan dalam setiap level berbeda. Hal ini dikarenakan setiap level kognitif di sesuaikan dengan mata pelajaran.

Seperti halnya Kisi-kisi USBN 2019 Matematika SD. Pada Kisi-kisi Matematika, Level kognitif menyesuaikan dengan level dalam pembelajaran Matematika. Pada level kognitif Pengetahuan dan pemahaman, untuk pelajaran matematika terdiri dari Mengidentifikasi, membuat tabulasi, menghitung, menginterpretasi, dan menentukan. Perbedaan-perbedaan indikator dalam setiap mata pelajaran ini tentu harus benar-benar diperhatikan baik oleh guru maupun orang tua peserta didik dalam menyiapkan putra-putrinya mengadapi USBN SD tahun 2019 mendatang. Adapun untuk lebih detilnya bisa langsung Unduh di bawah ini.

Download Kisi-kisi USBN SD Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019


Download Pengantar Kisi-kisi USBN tahun pelajaran 2018/2019 - Unduh Disini
Download SK Kisi-kisi USBN tahun pelajaran 2018/2019 - Unduh Disini

Download Kisi-kisi USBN Bahasa Indonesia Tahun 2019 - Unduh Disini
Download Kisi-kisi USBN Matematika Tahun 2019 - Unduh Disini
Download Kisi-kisi USBN IPA Tahun 2019 - Unduh Disini

Itulah link atau tautan untuk Unduh Kisi-kisi UABN SD tahun 2019. Sangat mudah sekali. Cukup klik tulisan unduh disini. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi USBN SD Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar