Sistem Peredaran Darah Materi IPA Tema 4 Kelas 5 SD Kurikulum 2013

 Sistem Peredaran Darah merupakan salah satu materi yang masuk dalam Tematik kelas 5 SD. Tepatnya di muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dipelajari di tema 4 kelas 5 SD.

Sistem Peredaran Darah ini menjadi salah satu materi pengenalan pada siswa SD terhadap sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Sekaligus menjadi bahan pembelajaran, bagaimana menjaga agar tubuh, khususnya sistem peredaran darah tetap sehat. 

Sistem Peredaran Darah Materi IPA Tema 4 Kelas 5 SD Kurikulum 2013


Sebagai langkah untuk mempermudah siswa maupun orang tua dalam memahami materi, kami sajikan rangkuman materi Sistem Peredaran Darah yang termuat dalam Tema 4 kelas 5 SD kurikulum 2013. Dalam materi ini, akan dibahas mengenai pengertian sistem peredaran darah, macam-macamnya, berbagai penyakit dan bagaimana menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Semua materi tersebut dijabarkan dalam sub tema 1, 2, dan 3. Berikut ini rangkuman selengkapnya:

Rangkuman Materi Peredaran Darah IPA Kelas 5

Sub Tema 1

Pada tema 4 sub Tema 1 materi IPA kelas 5 SD, materi pelajaran membahas seputar pengertian sistem peredaran darah, organ yang berperan, bagian-bagian organ serta fungsinya, juga macam-macam sistem peredaran darah di bawah ini:

Pengertian dan Organ Sistem Peredaran Darah

1. Pengertian sistem peredaran darah: Sistem peredaran darah ialah mengalirnya darah di dalam tubuh. 

2. Darah ialah jaringan pengangkut yang penting di dalam tubuh, mengalir melalui alat-alat peredaran darah. Fungsinya ialah mengangkut oksigen serta nutrisi makanan ke seluruh tubuh. Darah juga berfungsi mengangkut karbon dioksida keluar dari dalam tubuh. 

3. Pembagian sistem peredaran darah: Dalam tubuh manusia ada dua jenis pembagian sistem peredaran darah, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Serta sistem peredaran darah tertutup dan sistem peredaran darah ganda.

Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) melalui arteri besar (aorta) lalu kembali ke jantung. Berikut ini skema sistem peredaran darah besar:  Bilik kiri jantung -> Aorta -> Arteri -> Seluruh tubuh -> vena -> serambi kanan jantung

Sistem peredaran darah kecil adalah  mengalirnya darah dari jantung melewati paru-paru lalu kembali ke jantung. Dalam hal ini, darah mengangkut oksigen dari paru-paru sekaligus mengeluarkan karbon dioksida melalui paru-paru. Skema sistem peredaran darah kecil ialah sebagai berikut: Bilik kanan -> Arteri Pulmonalis -> Paru-paru -> Vena Pulmonalis -> Serambi Kiri

Sistem seredaran darah tertutup ialah darah selalu mengalir di dalam pembuluh darah.

Sedangkan sistem peredaran darah ganda yaitu darah melalui jantung sebanyak dua kali dalam setiap edaran.

Di dalam paru-paru, terjadi pertukaran darah yang mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang mengandung oksigen (O2). Oksigen dihirup saat bernafas dan karbon dioksida dikeluarkan saat menghembuskan nafas. 

4. Organ yang berperan dalam sistem peredaran darah: Jantung dan Pembuluh Darah. 

a. Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun susunan dari Jantung terdiri atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri atas empat ruang. Bagian-bagian Jantung  meliputi serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.

Dalam kerja jantung, terdapat sebuah bagian yang disebut Katup jantung. Katup Jantung memiliki fungsi yang sangat penting yakni mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida. Jadi bisa di bayangkan mengapa darah dalam jantung tidak tercampur antara yang mengandung oksigen dan karbon dioksida. 

Perbedaan kecepatan denyut jantung dipengaruhi oleh oleh empat factor uta,a yakni usia, kondisi kesehatan, serta jenis kelamin. Hal lain yang mempengaruhi otot kinerja jantung adalah aktivitas tubuh, kondisi tubuh, dan stress. Alat pengukur detak jantung disebut dengan Elektrokardiograf

b. Pembuluh Darah

Organ lain yang berpedan dalam sistem peredaran darah adalah Pembuluh darah. Pembuluh darah adalah saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Ada tiga jenis pembuluh darah, pembuluh nadi atau arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler. 

Adapun perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik adalah Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh balik atau Vena ialah pembuluh yang membawa darah mengandung karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung. Sedangkan pembuluh darah kapiler ialah pembuluh yang mengalirkan darah ke celah-celah kecil tubuh. 

Selain jantung dan pembuluh darah, paru-paru juga memiliki peran yang penting dalam proses peredaran darah.Dalam sistem ini paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Meski demikian, paru-paru masuk ke dalam sistem pernapasan. Bukan sistem peredaran darah. 

Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung-tabung tersebut jumlahnya ribuan dan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara yang dinamakan alveoli. 

Alveoli sendiri merupakan tempat terjadinya pertukaran darah mengandung karbon dioksida dengan darah mengandung oksigen. 

Pada prinsipnya, sistem peredaran darah hewan, terutama hewan vertebrata seperti ikan, katak, burung dan reptil, sama seperti manusia.  

Sub Tema 2

Pada sub tema 2 tema 4 kelas 5 SD, materi IPA masih melanjutkan materi pada sub tema 1. Pada Sub tema 2, materi IPA membahas seputar penyakit yang mengganggu sistem peredaran darah. Penyakit yang menyerang sistem peredaran darah manusia diantaranya:

Serangan Jantung: Terjadi penyumbatan pada pembuluh darah menuju jantung. Penyumbatan tersebut biasanya disebabkan penggumpalan darah. 

Stroke: terjadi kerusakan jaringan otak disebabkan kurangnya asupan darah mengandung oksigen menuju otak. Stroke bisa berakibat fatal pada organ tubuh yang lain. Penyebabnya sama, terjadi penggumpalan darah yang menyebabkan peredaran darah menuju otak menjadi tidak lancar. 

Leukemia/Kanker Darah: Merupakan kanker yang menyerang jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang belakang. Hal ini menyebabkan jumlah sel darah putih sangat berlebih sehingga sel-sel baik yang ada di sekitarnya ikut diserang. 

Anemia: jumlah hemoglobin menurun sehingga penderitanya terlihat pucat, mudah lelah. Hemoglobin merupakan protein darah berfungsi mengangkut oksigen. Kekurangan hemoglobin menyebabkan penderita anemia kekurangan asupan oksigen.

Sub Tema 3

Pada Materi IPA Sistem Peredaran Darah kelas 5 SD tema 4 sub tema 3, materi membahas seputar bagaimana menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia. 

Cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia 

Adapun cara cara menjaga kesehatan sistem peredaran diantaranya sebagai berikut:

Konsumsi makanan bergizi

Minum air putih 8 gelas per hari

Konsumsi buah dan sayur

Olahraga teratur

Istirahat yang cukup

Itulah rangkuman materi Sistem Peredaran Darah (IPA) tema 4 kelas 5 SD kurikulum 2013. Semoga materi singkat ini dapat membantu siswa maupun orang tua dalam mendampingi anak saat belajar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Peredaran Darah Materi IPA Tema 4 Kelas 5 SD Kurikulum 2013"

Posting Komentar