(PDF) Soal Olimpiade Matematika SMA/MA Tingkat Provinsi dan Pembahasan Tahun 2018

Contoh soal olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi dan Pembahasannya bisa dijadikan sebagai bahan latihan untuk menghadapi Olimpiade Matematika tahun 2018 ini. Adapun soal olimpiade ini dilengkapi dengan pembahasan dan solusi. Sehingga mempermudah peserta didik ataupun guru dalam melakukan latihan.

Untuk Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi tentunya memiliki level yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkatan sebelumnya. Dengan begitu tingkat kesukaran jelas lebih tinggi. Walapun pada dasarnya materi utama soal tersebut sejatinya sama, namun yang membedakan adalah tingkat kesukaran.
Baca juga: Soal Olimpiade MIPA Matematika dan IPA Tingkat SD Terbaru

Sekedar informasi bahwa tingkat kesukaran pada soal-soal Matematika dan lainnya dibedakan menjadi 6. Menurut Taksonomi Bloom, Tingkat soal dibagi menjadi soal type C1, C2, C3, C4, C5, dan C6. Untuk level olimpiade tingkat proivinsi biasanya lebih banyak soal level C6 yakni evaluasi atau evaluation. Sedangkan level di bawahnya atau C5 adalah level sintetis. Untuk level C4 merupakan level analitisa atau analitic. Ketiga level atau tingkatan inilah yang sering menjadi level di Soal Olimpiade tingkat SMA/MA/SMK.
Soal Olimpiade Matematika SMA/MA Tingkat Provinsi dan Pembahasan Tahun 2018

Adapun untuk Materi Soal Olimpiade Matematika SMA tingkat Provinsi diantaranya Bilangan, Aljabar, Logaritma, Trigonometri, dan Geometri. Untuk soal bilangan sudah beradaid level analitisis, sintetis, dan evaluasi. Begitu juga untuk soal-soal yang lain. Dengan level yang lebih tinggi menjadikan peserta olimpiade akan berfikir lebih dibandingkan dengan soal biasa. Oleh karena itu bagi peserta olimpiade harus banyak latihan menyelesaikan-menyelesaikan persoalan yang tingkat kesulitannya sama dengan soal olimpiade. Seperti halnya contoh soal di bawah ini.

SOAL: Untuk setiap persegi satuan pada papan berukuran 5 9 dituliskan angka 1 atau 0. Kemudian dihitung jumlah semua bilangan pada setiap kolom dan juga pada setiap barisnya sehingga diperoleh 14 bilangan. Misalkan H adalah himpunan yang berisi bilangan-bilangan tersebut.Tentukan maksimum dari banyak anggota H!

Soal tersebut merupakan salah satu contoh soal olimpiade matematika SMA tingkat provinsi. Cara menyelesaikannya pun butuh penyesesaian yang cukup panjang.

PEMBAHASAN: Jelas bahwa jumlah semua bilangan pada setiap kolom dan baris minimal 0, maksimal 9. Misalkan terdapat suatu kon gurasi sehingga H = {0; 1; 2; ... 9}. Maka terdapat setidaknya satu kolom atau baris yang semua perseginya memuat angka 0. WLOG terdapat 5 baris dan 9 kolom. Perhatikan bahwa jumlah 6; 7; 8; 9 hanya dapat dimuat pada baris, karena jumlah persegi pada tiap kolom adalah 5.
Bila jumlah = 0 dimuat oleh kolom, maka pada setiap baris terdapat minimal satu buah 0, sehingga jumlah maksimal pada setiap baris adalah 8 (tidak akan ada baris yang memuat jumlah = 9). Bila jumlah = 0 dimuat oleh baris, maka pada setiap kolom terdapat minimal satu buah 0, sehingga jumlah maksimal pada setiap kolom adalah 4. Maka, jumlah = 5 harus dimuat pada baris, sehingga jumlah {0; 5; 6; 7; 8; 9} harus dimuat pada baris. Tetapi, hanya ada 5 baris, sehingga tidak ada kon gurasi yang mungkin.

Itulah contoh soal Olimpiade tingkat Provinsi untuk SMA Pelajaran Matematika. Untuk lebih lengkapnya bisa diunduh di bawah ini.

Contoh Soal Olimpiade Matematika SMA/MA Tingkat Provinsi dan Pembahasan 


Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi  Bagian 1 Tahun 2017 - Download di sini
Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi  Bagian 2 Tahun 2017 - Download di sini 
Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi  Bagian 1 Tahun 2016 - Download di sini
Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi  Bagian 2 Tahun 2016 - Download di sini
Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi  Tahun 2015 - Download di sini
Soal Olimpiade Matematika SMA Tingkat Provinsi  Tahun 2014 - Download di sini

Download Juga : Soal Olimpiade Matematika SD Tingkat Kecamatan Soal Pilihan

Itulah beberapa soal olimpiade Matematika dari tahun ke tahun. Soal-soal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan ajar dan latihan peserta didik atau calon peserta olimpiade tingkat provinsi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(PDF) Soal Olimpiade Matematika SMA/MA Tingkat Provinsi dan Pembahasan Tahun 2018"

Posting Komentar