Cara Membuat Kalimat Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Kalimat Yang Baik DanBenar - Pada umumnya setelah seorang murid belajar mengenai huruf, kosa kata, dan juga sudah mengetahui fungsi kata maka diharapkan juga dapat bisa membuat kalimat yang baik dan benar. Ada banyak cara membuat kalimat yang diajarkan oleh para pendidik atau bahkan diajarkan oleh orang tua

Dalam menulis kalimat yang baik dan benar dibutuhkan ketelitian dan pemahaman yang tinggi. Kalimat yang baik dan benar akan membuat pembaca atau pendengar merasa senang. Untuk lebih lengkapnya bisa dicimak di bawah ini.

Cara Membuat Kalimat Yang Baik Dan Benar Dengan Mudah:

1.   Buatlah kalimat sependek atau sesuai dengan apa yang ingin dikatakan. Namun jangan terlalu sering membuat kalimat pendek karena itu akan membuat pembaca merasa bosan. Variasikan kalimat panjang dan pendek secara seimbang.
2.     Cara membuat kalimat yang baik dan benar selanjutnya dengan memilih kata sederhana sehingga kalimat tersebut dapat dibaca dengan baik. Kalimat yang baik dan benar adalah kalimat yang tidak membuat pembacanya bingung dengan inti dari kalimat tersebut.
3.   Sebagai penyampai pesan atau penulis tentunya perlu sekali memahami cara membuat kalimat yang baik dan benar. Gunakanlah kata-kata yang lazim, dengan kata yang lazim tentu ini akan menghubungkan pemikiran penulis dengan pembaca.
4.    Perlu diperhatikan dalam membuat kalimat yang baik dan benar yaitu dengan menghindari kata-kata yang tidak baku. Biasanya kesalahan ini dibuat oleh para jurnalis yang sering kali menggunakan kalimat tidak baku.
5.     Cara membuat kalimat yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan memberi kata kerja yang kuat. Dengan adanya kata kerja aktif yang kuat dalam penulisan akan memberikan lonjakan perhatian pembaca.
6.      Menggunakan istilah yang dapat dipahami oleh pembaca. Karena tidak semua pembaca tahu apa arti dari istilah yang penulis tulis. Hanya dengan istilah sudah dapat mempengaruhi cara membuat kalimat yang baik dan benar.
7.   Pilihlah kata yang benar jangan muluk-muluk yang bersifat mempengaruhi. Buatlah kata yang sederhana namun orang dapat kagum dengan kalimat tersebut.
Cara membuat kalimat yang baik dan benar harus disesuaikan dengan pemahaman penulis sehingga pembaca atau pendengar dapat mudah memahami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kalimat Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar