Materi dan Kumpulan Soal Matematika Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013

Materi dan kumpulan soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum 2013 menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan. matematika kelas 1 tidak hanya sebagai dasar dalam belajar, lebih dari itu juga sebagai langkah awal pembentukan logika matematika di bangku sekolah dasar. 

Meski masuk dalam tematik, tak sedikit siswa kelas 1 SD yang masih mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika. Materi matematika dari kelas 1 SD sampai kelas 3, merupakan materi dasar. Sehingga siswa harus memahami betul pelajaran dasar matematika ini dengan baik. Dengan begitu, pada jenjang berikutnya, siswa tidak terlalu banyak mengalami kesulitan. 

Materi dan Kumpulan Soal Matematika Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013

Untuk memudahkan siswa dan orang tua, kami akan menyajikan rangkuman materi matematika kelas 1 SD semester 1 yabg termuat dalam tematik. Materi yang akan kami sajikan merupakan Kurikulum 2013. Sehingga materi ini bisa menjadi salah satu bahan ajar dan latihan. Soal-soal yang kami sajikan juga berdasarkan buku keluaran terbaru. Sehingga sudah pasti sesuai dengan muatan belajar di sekolah.

Pada semester pertama, siswa kelas 1 SD akan mendapatkan 4 tema untuk materi matematika. Tema tersebut tentu masih materi dasar berhitung. Untuk anak usia SD Kelas 1, materi ini masih cukup mudah. Asal guru dan orang tua cukup telaten dalam mendampingi siswa selama belajar. Rangkuman materi dan contoh soal Matematika SD Kelas 1 semester 1 ini nantinya bisa digunakan untuk persiapan PTS/UTS ataupun UAS/PAS juga.

Rangkuman Materi Matematika Kelas 1 SD semester 1 

Materi Matematika Kelas 1 SD Tema 1

Dalam buku tematik kelas 1 SD semester 1 tema 1 membahas seputar 'DIRIKU' dan terdapat 4 Subtema. Pada sub tema 1 merupakan materi pengenalan semua muatan pelajaran termasuk Matematika. Pembelajaran matematika pada materi awal, masih menghitung  2 digit benda saja. Dalam latihannya, siswa disajikan gambar  beberapa anak atau benda, kemudian diminta mencocokkan dengan lambang bilangan yang tertera disampingnya.

Pada sub tema 2, siswa akan belajar menghitung variasi jari mulai dari 1 sampai 10. Selanjutnya, siswa diminta berhitung jumlah benda dan anggota badan. Materi matematika kelas 1 SD tema 1 selanjutnya  ialah berlatih menulis lambang bilangan dari angka 1 sampai 10.

Materi berikutnya ialah membandingkan jumlah; baik itu benda maupun bilangan. Siswa harus tahu jumlah benda serta bisa membandingkan jumlah dua kumpulan benda dan dilanjutkan dengan bilangan. Pada materi ini, kalimat perbandingan menggunakan 'lebih dari', 'kurang dari' dan 'sama dengan'. 

Jadi nantinya akan disuguhi soal matematika kelas 1 lebih dari kurang dari. Selain itu juga terdapat membandingkan bilangan, mengurutkan bilangan kelas 1 SD, dans ebagainya.  

Mengurutkan bilangan 1 sampai 10 menjadi Materi Matematika terakhir pada tema 1 kelas 1 SD. Dalam materi mengurutkan bilangan, bisa dimulai dari yang terkecil atau yang terbesar. 

Materi Matematika Kelas 1 SD Tema 2

Dalam buku tematik materi matematika tema 2, sedikit mengulas tentang materi tema 1 yakni pengenalan bilangan dan jumlah bilangan. Dalam ulasan ini, siswa diajak untuk kembali mengulang atau mengevaluasi materi matematika pada tema 1. Setelah itu dilanjutkan dengan subtema 1 pada tema 2. Yang mana materinya sudah berbentuk operasi penjumlahan dengan batasan angka 1 sampai 10.

Dalam sub tema 2, materi matematika berisi tentang pengurangan bilangan 1 sampai 10. Untuk soal latihan penjumlahan dan pengurangan, menggunakan soal cerita. Diharapkan, selain kecerdasan numerik, siswa juga memiliki kecerdasan verbal. 

Pada subtema 3 siswa akan diajak untuk mengenal bangun ruang. Materi bangun ruang ini disertai dengan contohnya di sekitar kita. Lalu  materi matematika dilanjutkan dengan mengenal variasi pola gambar pada subtema 4.

Materi Matematika Kelas 1 SD Tema 3

Secara umum, materi matematika kelas 1 SD semester 1 tema 3 merupakan pengembangan dari materi tema sebelumnya. 

Disebut pengembangan, karena pembelajaran hanya meningkatkan jumlah objek bilangan yang akan dipelajari. Yang awalnya hanya dibatasi pada bilangan 1-10, di tema 3 menjadi bilangan 1-20. 

Pada tema 3 ini subtema 1, muatan materi diantaranya menghitung benda yang berjumlah 10-20 dan Mengurutkan bilangan dari angka 1 sampai 20. 

Di subtema 2 tema 3 materi matematika kelas 1 SD semester 1 masih menjabarkan tentang bilangan. Siswa akan diajak untuk memahami angka 1-20 dalam bentuk teks dan lambang. Siswa juga akan diajarkan memisahkan bilangan belasan sehingga diketahui mana bentuk puluhan dan satuan.

Pada sub tema selanjutnya, siswa diminta membandingkan jumlah bilangan-bilangan dengan batasan 1 sampai 20. Membandingkan bilangan yang sama jumlahnya, lebih besar atau lebih kecil. Penjumlahan dan pengurangan dengan maksimal bilangan 20 menjadi materi pada subtema 4 tema 3 kelas 1 SD semester 1. 

Materi Matematika Kelas 1 SD Tema 4

Pada tema 4, materi matematika SD kelas 1 semester 1 sudah masuk pada pengenalan geometri, membandingkan benda dan sebagainya. Semisal pada subtema 1 yang berisi materi seputar pengenalan bangun datar lingkaran, dan segi empat.

Di subtema 2 materi matematika kelas 1 SD, materi membahas tentang pola bilangan dan mengurutkan bilangan berdasarkan pola. Pola bilangan dimaksud ialah pola bilangan ganjil, genap, dan sebagainya. Siswa diminta mengurutkan bilangan ganjil, genap dan pola lainnya. 

BACA JUGA: Buku Kelas 1 SD  Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Materi matematika tema 4 subtema 3 dan 4 kelas 1 SD semester 1, siswa diminta membandingkan panjang dan berat benda. Materi ini merupakan pengenalan materi satuan berat dan panjang. 

Soal Matematika Kelas 1 SD K13 Semester 1 Lengkap

1.  

gambar soal matematika kelas 1

Jumlah kursi pada gambar di atas adalah

a. 5

b. 7

c. 9


2. Banyaknya jari tangan kiri adalah … .

a. 2

b. 5

c. 10


3. Lambang bilangan 8 adalah . .. .

a. delapan

b. sembilan

d. sepuluh


4. Bilangan sepuluh jika ditulis dalam bentuk huruf adalah … .

a. 8

b. 9

c. 10


5.  5…….7

Perbandingan bilangan untuk mengisi titik titik di atas yang benar adalah … .

a. kurang dari

b. sama dengan

c. lebih dari


6. 6, 3, 5, 4

Bilangan di atas jika diurut dari yang paling kecil adalah …

a. 6, 5, 4, 3

b. 4, 5, 3, 6

c. 3, 4, 5, 6


7. 7+2 = … .

a. 5

b. 7

c. 9


8. Edo membeli pensil sebanyak 4 kemudian mendapat hadiah dari Lani 3 pensil. Berapakah pensil Edo sekarang?

a. 4

b. 7

c. 9


9. Siti membeli manga 8 buah. Kemudian 2 buah manga diberikan kepada Beni. Berapakah sisa buah manga Siti ?

a. 6

b. 8

c. 10


10. Penjumlahan di bawah ini yang hasilnya 7 adalah … .

a. 5+2

b. 3+7

c. 4+2


11. benda di bawah ini yang bentunya menyerupai Kotak adalah … .

a. Bola

c. Telur

d. kotak pensil


12. kue onde-onde bentunya menyerupai …

a. balok

b. bola

c. tabung


13. 

soal matematika kelas 1 sd

Jumlah Penggaris pada gambar di atas adalah… .

a. 6

b. 7

c. 8


14. 1 puluhan + 3 satuan = … .

a. 13

b. 1

c. 3


15. 5 …. 14

Pembanding yang pada dua bilangan di atas adalah …. .

a. Lebih Kecil

b. Sama dengan

c. Lebih Besar


16. Penulisan Nama bilangan dari 18 adalah …. .

a. satu delapan

b. delapan

c. delapan belas


17. Lambang bilangan dari dua belas adalah … .

a. 11

b. 12

c. 2


18. Pada bilangan 15 yang merupakan satuan adalah … .

a. 1

b. 5

c. 15


19. Hasil dari 8+7 adalah … .

a. 13

b. 14

c. 15


20. hasil dari 13 – 8 = … .

a. 13

b. 8

c. 5


21. Benda di bawah ini yang berbentuk lingkaran adalah … .

a. donat

b. buku

c. kursi


22. buku tulis berbentuk … .

a. segi empat

b. lingkaran

c. segi tiga


 23. Lani mengukur Panjang pensil dan penggaris ukur. manakah yang lebih Panjang?

a. Pensil 

b. penggaris

c. buku


24. botol kecap….  Botol air. Perbandingan yang paling tepat untuk mengisi titik-titik di samping adalah …. .

a. lebih panjang

b. lebih berat

c. lebih ringan


25 . Benda yang paling berat di bawah ini adalah …

a. telur

b. kelereng

c. bola basket


Download Soal Matematika kelas 1 SD Kurikulum 2013 Semester 1

Contoh soal Latihan matematika di atas adalah Sebagian dari kumpulan soal yang akan kami sajikan berupa Pdf ataupun Doc. Utntuk lengkapnya bisa langsung unduh di bawah ini.

Kumpulan Soal Latihan Matematika Kelas 1 SD K13 - DOWNLOAD

Itulah kumpulan soal dan ringkasan materi matematika. Untuk Materi lain, bisa disimak di halaman lain atau bisa juga di tulis di komentar. 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi dan Kumpulan Soal Matematika Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013"

Posting Komentar