Contoh Soal Dan Pembahasan Struktur Dan Fungsi Tumbuhan IPA Semester I Kelas VIII Kurikulum 2013

Soal dan pembahasan materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan pelajaran IPA kelas VIII akan menjadi sajian kamis saat ini. contoh soal dan pembahasan ini bukan maksud memberikan jawaban kepada peserta didik. namun lebih tepatnya kami berharap soal dan pembahasan ini menjadi salah satu sumber belajar selain guru dan pembelajaran di kelas.
Contoh Soal Dan Pembahasan Struktur Dan Fungsi Tumbuhan IPA Semester I Kelas VIII Kurikulum 2013

Pada Bab Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk kelas 8 Semester I ini terdiri dari 3 sub pokok bahasan yaitu Organ Tumbuhan, Jaringan Tumbuhan, dan Teknologi yang terinspirasi dari organ tumbuhan.

Organ tumbuhan sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsinya sebagai alat perkembang biakan, yang pertama organ vegetatif dan organ generatif. Organ Vegetatif merupkan organ yang memiliki manfaat untuk perkembang biakan tumbuhan secara vegetatif. Sedangkan organ generatif adalah organ yang mempengaruhi dalam proses reproduksi tumbuhan secara generatif.

Jaringan tumbuhan juga dibedakan menjadi 2 yakni Jaringan Meristem dan jaringan Dewasa. Pada jaringan dewasa terdapat 4 jaringan yang harus diketahui yakni jaringan Pelindung, Pengisi, Penguat dan jaringan pengangkut.

Jika dibahs satu persatu maka kemungkinan tidak akan cukup untuk membahas. Oleh karena itu, kami hanya akan menyampaikan contoh soal materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. seperti di bawah ini.

Soal dan Pembahasan Struktur dan fungsi tumbuhan:

1. Fungsi akar pada ketela pohon, selain untuk menyerap air dan zat hara dalam tanah adalah ... .
(jawab)  Sebagai penyimnan cadangan makanan

2. Rambut akar memiliki fungsi yang sangat penting yaitu . . .
(jawab) Memperluas bidang penyerapan air dan zat hara

3. Sebutkan fungsi-fungsi akar!
(jawab) fungsi akar terdapat fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi umum adalah fungsi yang berlaku pada semua tumbuhan. Sedangkan fungsi khusus adalah fungsi akar pada tumbuhan tertentu.
Fungsi Umum Akar : a) Sebagai penyerap air dan zat hara; b) penopang tumbuh tegaknya tumbuhan; Fungsi Khusus Akar : a) Tempat menyimpan cadangan makanan (wortel, singkong, bengkoang); b) organ reproduksi (jahe, kunyit, bengkoang); c) alat respirasi/pernafasan (beringin, tanaman bakau)

4. Bagaimana struktur batang dikotil dan monokotil?
(jawab) struktur batang monokotil memiliki ruas yang jelas (bambu, kelapa, jagung) sedangkan batang tumbuhan dikotil ruas ruas batangnya tidak jelas.

5. Sebutkan fungsi-fungsi batang!
(jawab) fungsi batang adalah a) sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah; b) tempat oenyimpan cadangan makanan (bawang merah, kunyit, jahe); c) organ reproduksi vegetatif (singkong, ketela rambat); d) sarana pengangkut (terdapat jaringan xilem dan floem)

6. Jelaskan Perbedaan struktur luar daun dikotil dan monokotil!
(jawab) daun dikotil memiliki struktur luar peruratan sejajar contoh jagung, sedangkan struktur luar jagung monokotil peruratannya menjala contoh pepaya

7. Sebutkan fungsi daun!
(jawab) fungsi daun adalah a) tempat berlangsungnya fotosintesis b) sistem pernafasan c) tempat berlangsungnya proses transpirasi d) Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif

8. Sebutakan dan jelaskan jaringan meristem pada tumbuhan!
(jawab) jaringan meristem dibedakan menjadi dua yaitu jaringan meristem primer dan sekunder. Jaringan meristem primer adalah jaringan meristem yang sel-selnya aktif membelah. Jaringan ini biasanya terdapat pada ujung akar dan batang. Sedangkan jaringan meristem sekunder adalah sel-sel dewasa yang sel selnya kembali aktif membelah.

itulah beberapa soal dan pembahasan Sturktur dan fungsi tumbuhan Soal IPA semester I kelas VIII. Semoga soal dan pembahasan ini menjadi salah satu sarana pembelajaran. Semoga bermanfaat. Untuk materi bahasa Indonesia silahkan klik Contoh Konjungsi antar kalimat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Struktur Dan Fungsi Tumbuhan IPA Semester I Kelas VIII Kurikulum 2013"

Posting Komentar