Cara Cepat Mengajari Anak Membaca

Cara cepat mengajari anak membaca merupakan hal yang harus diperhatikan dikarenakan pada saat masuk sekolah anak harus bisa membaca dan menulis. Tentunya keadaan ini mengharuskan para orang tua untuk mengajari anak agar dapat membaca dengan baik.

Dalam mengajar anak untuk dapat bisa membaca dibutuhkan kesabaran yang cukup ekstra, karena belum tentu anak dapat cepat membaca. Setiap anak mempunyai kecerdasan masing-masing. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Cara cepat mengajari anak membaca dengan mudah:

1.      Menggunakan karpet huruf
Karpet yang biasanya digunakan untuk alas bermain anak dapat digunakan sebagai cara cepat mengajari anak membaca. Orang tua dapat membeli karpet yang membentuk huruf atau gambarnya berlambangkan huruf dan angka. Dengan warna dan bentuk yang menarik akan melatih anak untuk membaca. Cara yang dilakukan ini sangat efektif karena selain bermain anak juga dapat belajar membaca.
2.      Belajar sambil bercerita
Melatih anak dalam belajar membaca dapat dilakukan dengan bercerita menggunakan buku bergambar. Buku bergambar akan melatih anak dalam melafalkan apa yang tertulis dalam buku, selain itu juga anak akan merasakan karakter yang ada di dalam buku cerita. Cara cepat mengajari anak membaca dengan cara ini akan membuat anak tidak mudah bosan dan senang.
3.      Usahakan anak untuk membaca setiap hari
Cara cepat mengajari anak membaca selanjutnya dengan mengusahakan anak untuk membaca setiap hari. Orang tua dapat mendampingi anak saat belajar membaca setiap harinya. Dengan berlatih membaca setiap hari, maka anak akan mulai terbiasa membaca dan membuat anak lebih cepat membaca dengan lancar. Tentunya ketelatenan akan membuahkan hasil yang baik.
4.      Pahami mood anak
Hal penting yang harus orang tua ketahui dalam cara cepat mengajarkan anak membaca adalah dengan memahami mood anak. Pada saat mood anak sedang tidak baik jangan sampai orang tua memaksakan anak belajar membaca, karena hal ini akan membuat anak merasa jenuh dan tidak mau belajar membaca lagi.
Beberapa cara cepat mengajari anak membaca di atas dapat menjadi referensi bagi orang tua. Diharapkan orang tua dapat membantu anak dalam belajar sebelum masuksekolah, hal ini akan membantu anak lebih mudah menangkap pelajaran dari pada belajar dengan orang lain.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Mengajari Anak Membaca"

Posting Komentar